DhohoTV - Sosial

Puluhan Janda Berusia Lanjut Usia Ikuti Ponpes Ramadhan Blitar

Oleh : kamik Selasa, 30 Mei 2017

Keterangan : Puluhan janda lanjut usia, mengikuti kegiatan pondok romadhon di kabupaten blitar, jawa timur. Meski usia mereka sudah tua, namun para janda-lansia ini tetap semangat mengikuti kegiatan pondok ramadha

Bagikan

Beginilah kegiatan pondok romadhon di masjid al mawaddah, yang terletak desa kendalrejo,  kecamatan talun,  kabupaten blitar. Para santri yang mengikuti pondok ramadhan ini, justru para nenek-nenek yang sudah tak memiliki suami alias janda manula.

Dalam pondok ramadhan ini,  para janda yang berusia 50 hingga 85 tahun ini, mengikuti kegiatan rutin yang telah dijadwalkan panitia, seperti pijat refleksi,  untuk menghilangkan penat dan letih, kegiatan pengajian dan tadarrus di masjid. Mereka memulai kegiatan setelah sholat subuh hingga usai tadarus sekitar pukul sepuluh malam.

Ada lima puluh dua santri janda lansia dari berbagai kecamatan di kabupaten blitar yang mengikuti pondok pesantren janda lansia ini, seperti kecamatan garum, talun, gandusari, kanigoro, dan talun, kesamben.

Bila tidak ada kegiatan di masjid, para santri janda lansia yang usianya rata-rata di atas enam puluh tahun ini beristirahat di sebuah gubuk yang terbuat dari bambu.  Di gubuk sederhana ini,  para janda lansia ini melepas penat usai melaksanakan kegiatan. Sebagian santri lansia mengaji, dan sebagian memijit santri lainnya karena kecapekan.

Kegiatan pondok ramadhan bagi puluhan janda lanjut usia ini, juga menambah kedekatan dan tali silaturahmi di antara para peserta. Menurut panitia, kegiatan pondok ramadhan ini, ditujukan untuk membantu para janda lansia, menjadi taat beribadah dengan pembelajaran ilmu agama selama ramadhan.

Di pondok ramadhan janda lansia al-mawaddah ini,  seluruh kebutuhan selama kegiatan pondok ramadhan ini, ditanggung oleh pengurus yang mendapatkan donatur dari berbagai perkumpulan pengajian wanita di desa kendalrejo. Dari Blitar  Moh Aji.

 
 

 

 



Media Object

Komunitas kimcil nganjuk

Sosial     Hits : 2011
Media Object

Warga kediri temukan patung ganesa

Dhoho Hari Ini     Hits : 1289
Media Object

live

Live Streaming     Hits : 1159
Media Object

Kisah Pilu Hidup Dikandang Kambing

Dhoho Hari Ini     Hits : 1058
Media Object

Tradisi piton piton

Dhoho Hari Ini     Hits : 994
Media Object

Wisata danau warna

Sosial     Hits : 798