DhohoTV - Sosial

Rutinitas Warga Membersihkan Makam Leluhur Nganjuk

Oleh : redaksi Sabtu, 27 Mei 2017

Keterangan : Memasuki bulan suci ramadhan, salah satu rutinitas warga di kabupaten nganjuk adalah membersihkan makam. Terutama makam leluhur dan keluarga , seperti yang dilakukan warga desa ngetos kecamatan ngetos

Bagikan

Menurut  aris kegiatan bersih makam ini diyakini bisa menambah keyakinan agar mereka diberi kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.   Sehingga dalam menjalankan ibadah puasa tidak hanya menahan makan dan minum saja, tetapi juga dapat mengerjakan amalan-amalan yang dapat menambah amal ibadah puasa .

Tidak hanya orang tua, anak anak pun juga ikut membantu membersihkan makam. selain bertujuan untuk membantu orang tua mereka, juga bertujuan untuk mengenalkan anak anak pada leluhur penyiar agama islam di daerah tersebut.

Disamping  membersihkan makam aris juga menerangkan jika kegiatan ini  bertujuan untuk mengenang jasa syeh al atos dan sebagai pembelajaran sejarah bagi anak anak warga desanya.

Usai membersihkan makam, mereka berdo’a bersama di makam keluarga masing-masing . Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, namun juga anak-anak walaupun belum cukup umur, diharapkan anak-anak ini bisa dilatih untuk berpuasa. Dari Nganjuk Komarudin.