DhohoTV - Sosial

Tradisi Ziarah Makam , Datangkan Berkah Buat Anak-Anak Pembersih Makam Tulungagung

Oleh : redaksi Jumat, 26 Mei 2017

Keterangan : Tradisi ziarah makam , di saat menjelang bulan suci ramadhan , menjadi berkah tersendiri bagi puluhan anak di tulungagung , jawa timur . Secara berkelompok , mereka menjadi pembersih makam dengan imba

Bagikan

Puluhan anak yang berada di sekitar lokasi tempat pemakaman umu , t-p-u , kelurahan kepatihan . Kabupaten tulungagung , jawa timur , mendapatkan berkah dengan adanya tradisi ziarah kubur , di saat menjelang datangnya bulan suci ramadhan . Berbekal peralatan sederhana seperti sapu dan sabit , sekumpulan anak ini , bergerombol menawarkan jasa membersihkan makam kepada sejumlah peziarah .

Secara cekatan , mereka membersihkan makam yang banyak ditumbuhi ilalang , serta dedaunan kering yang berserakan . Tak butuh waktu lama , makam yang semula kotor , telah bersih dari rumput , dan dedaunan kering . Meski terdapat puluhan anak yang menawarkan jasa membersihkan makam , namun mereka tidak saling berebut untuk membersihkan makam , dan mereka mengerjakan berdua atau lebih .

Menjelang bulan ramadhan , seperti saat ini , dalam satu hari , mereka dapat mengumpulkan uang hingga 50 ribu rupiah . Mereka tidak mematok imbalan kepada para peziarah , namun sejumlah peziarah memberikan uang imbalan lebih , karena senang makam sanak saudaranya dibersihkan . Sedangkan uang hasil membersihkan makam , akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah , seperti membeli buku , dan membayar s-p-p .

Bagi peziarah , kehadiran anak-anak pembersih makam , di saat menjelang puasa ramadhan ini , sangat membatu mereka . Para peziarah tidak perlu repot , membawa peralatan untuk membersihkan makam , karena cukup diserahkan pada anak-anak pembersih makam ini , makam yang tadinya kotor , menjadi bersih .

Tradisi ziarah kubur , yang dilakukan menjelang datangnya bulan suci ramadhan , seakan telah mengakar bagi sebagian besar masyarakat indonesia . Mereka datang ke makam , untuk tabur bunga , dan berdoa di atas pusara sanak keluarga , maupun para leluhurnya . Dari Tulungagung  Nada Wianto .