DhohoTV - Sosial

Puluhan Warga Desa Demo Tuntut Imb Pabrik Gula Dicabut Blitar

Oleh : redaksi Rabu, 24 Mei 2017

Keterangan : Puluhan warga di kabupaten blitar, menggelar aksi unjuk-rasa di gedung pemkab, menuntut pihak pemerintah mencabut ijin mendirikan bangunan (imb), pabruk gula pt manis indo yang diduga tidak prosedur

Bagikan

Dengan menggunakan empat buah truk, puluhan warga desa rejoso kecamatan binangun kabupaten blitar, menggelar aksi unjuk-rasa di depan gedung pemkab blitar. Menuntut agar pemerintah mencabut ijin mendirikan bangunan (imb). Karena,  imb yang dikeluarkan oleh dinas penanaman modal kabupaten blitar, diduga tidak prosedural.

Warga juga membawa spanduk dan poster tuntutan, yang isinya meminta agar imb pabrik gula dicabut,pemerintah harus berpihak kepada rakyat,  jangan berpihak kepada investor nakal. Dalam orasinya,massa menilai,jika pihak pabrik gula pt manis indo mencaplok tanah aset desa, dengan mendirikan bangunan di atasnya.  Padahal tanah tersebut masih dalam proses sengketa lahan.

Massa kemudian ditemui oleh sekretaris daerah (sekda) totok subihandono.  Di hadapan massa, totok subihandoni menyatakan, jika pihaknya dan tim, dalam waktu dekat akan meninjau kelokasi pabrik dan jika memang pihak pabrik gula pt rmi menyalahi aturan, maka imb akan dicabut.

Kepala desa rejoso,  wawan mengaku, pihaknya menilai jika penerbitan imb janggal, karena tanah untuk lokasi pabrik gula masih dalam sengketa. Selain itu,  juga ada aset tanah seluas empat hektar yang juga diklaim milik pabrik gula.  Pihaknya juga mengantongi data mutakhir dari peta kerawangan desa rejojo, yang sebelumnya telah di terbitkan oleh badan pertanahan agraria kediri pada tahun 1974 yang lalu.

Jika pemerintah kabupaten blitar tidak mencabut ijin mendirikan bangunan (imb) pabrik gula rejoso manin indo,  maka pihak desa akan menggugat lewat jalur hukum ke ptun. Dari Blitar Nada Wianto.