DhohoTV - Sosial

Didatangi Petugas, Sampah Medis Yangberserakan Di Bantaran Sungai Hilang Tulungagung

Oleh : kamik Senin, 22 Mei 2017

Keterangan : Pasca ditemukannya sampah medis berbahaya, yang dibuang sembarangan di bantaran sungai ngrowo, tulungagung, badan lingkungan hidup setempat, menindaklanjuti dengan mendatangi lokasi. Namun saat petu

Bagikan

Sejumlah petugas dari badan lingkungan hidup, blh tulungagung,  pada minggu siang mendatangi lokasi,  yang menjadi tempat pembuangan limbah berbahaya, berupa ribuan jarum suntik bekas dan botol bekas obat-obatan. Saat ditemukan oleh warga pada sabtu sore, sampah medis tersebut berserakan, bercampur dengan sampah rumah tangga, di bantaran sungai ngrowo, di desa kendalbulur ,  kecamatan boyolangu,  tulungagung.

Ketika petugas tiba dilokasi, ribuan jarum suntik dan botol bekas obat, yang termasuk dalam golongan limbah mengandung bahan berbahaya dan beracun,  limbah b3, tersebut,  sebagian besar telah hilang dari tempat awal ditemukan.  Saat petugas membersihkan lokasi, hanya ditemukan beberapa jarum suntik bekas dan botol bekas obat, yangbercampur dengan sampah rumah tangga. Belakangan diketahui,  jika sampah-sampah medis tersebut telah diamankan, di tempat penampungan sementara limbah b3, milik puskesmas boyolangu.

Hingga saat ini belum diketahui,  siapa pelaku yang membuang sampah medis tersebut. Pembuangan sampah medis dilokasi ini, diduga telah berlangsung lama.  Hal itu didasarkan pada banyaknya sampah medis yang telah tertimbun tanah, maupun sampah-sampah lain.
 
Dalam pengelolaanya, limbah berbahaya dan beracun termasuk didalamnya limbah medis, tidak boleh dibuang sembarangan dan harus di musnahkan dengan benar, sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah nomor 101 tahun 2014.  Pemerintah kabupaten tulungagung sendiri, juga telah mengaturnya dalam peraturan daerah nomor 14 tahun 2015, tentang pengelolaan dan pengendalian limbah b3.  Perda tersebut juga memuat tentang pemberian pembinaan,  peringatan,  bahkan hingga pencabutan  ijin usaha, bagi perusahaan yang terbukti melanggar. Dari Tulungagung Nada Wianto.


 
 

 

 



Media Object

Komunitas kimcil nganjuk

Sosial     Hits : 2015
Media Object

Warga kediri temukan patung ganesa

Dhoho Hari Ini     Hits : 1291
Media Object

live

Live Streaming     Hits : 1183
Media Object

Kisah Pilu Hidup Dikandang Kambing

Dhoho Hari Ini     Hits : 1058
Media Object

Tradisi piton piton

Dhoho Hari Ini     Hits : 996
Media Object

Wisata danau warna

Sosial     Hits : 801