DhohoTV - Sosial

Berada Di Daerah Rawan Bencana, Basarnas Latih Pelajar Materi Sar Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Senin, 22 Mei 2017

Keterangan : Badan sar nasional, basarnas, memberikan pelatihan kepada pelajar s-d hingga s-m-a di trenggalek, tentang materipenyelematan diri dan evakuasi korban , saat terjadi bencana alam . Para pelajar di

Bagikan

Pelatihan khusus tentang materi sar ini,  diberikan langsung oleh para anggota basarnas , kepada ratusan pelajar s-d hingga s-m-a yang ada di trenggalek .  Sebelum mengikuti praktik penyelamatan ,  masing-masing pelajar terlebih dahulu mendapatkan materi dasar tentang sar.  

Selanjutnya , melalui bimbingan khusus dari tenaga ahlinya,  para pelajar di ajak untuk mempraktiekan cara penyelamatan korban bencana,  dari atas ketinggian dengan f cara lying fox .  Penyelamatan seperti tersebut , biasanya terjadi di gedung bertingkat maupun medan pegunungan serta jurang.  Selain itu,  para siswa juga mendapatkan ilmu tentang penyelamatan para korban bencan maupun kecelakaan yang mengalami luka patah tulang,  serta penyelamatan diri saat terjadi gempa bumi.  

Koordinator pos basarnas trenggalek,  asnawai suroso,  mengatakan pelatihan sar untuk para pelajar ini , sengaja dilakukan,  untuk menambah wawasan para pelajar saat terjadi bencana alam .  Menurutnya pelatihan penting dilakukan,  karena wilayah trenggalek masuh dalam kawasan rawan bencana , seperti banjir , tanah longsor,  gempa bumi , tsunami maupun angin puting beliung.  

Sementara itu , salah seorang peserta , mengaku senang bisa mengikuti pelatihan tersebut,  karena selain mendapatkan ilmu baru , drinya juga di didik untuk memiliki respon cepat , pada saat terjadi bencana alam.

Para pelajar,  berharap pelatihan serupa , terus dikembangkan sehingga seluruh pelajar terlatih dan siap siaga apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam.  Dari  Trenggalek Nada  Wianto.