DhohoTV - Sosial

Komisi Satu Dprd Tuding Pemkab Ceroboh Terbitkan Imb Blitar

Oleh : redaksi Sabtu, 20 Mei 2017

Keterangan : Anggota komisi satu dprd kabupaten blitar, menuding pemkab blitar ceroboh dalam menerbitkan izin mendirikan bangunan (imb) pabrik gula pt rejoso manis indo (rmi) di desa rejoso kecamatan binangun kab

Bagikan

Rencana pendirian pabrik gula pt rejoso manis indo,  di desa rejoso kecamatan binangun kabupaten blitar, menimbulkan polemik di masyarakat. Bahkan komisi i dprd kabupaten blitar,  mempertanyakan terbitnya izin mendirikan bangunan (imb) pt rejoso manis indo (rmi) di desa rejoso kabupaten blitar beberapa hari yang lalu, karena dinilai tidak prosedural. 

Anggota komisi satu dprd kabupaten blitar, wasis kunto atmojo menyayangkan dan menuding pemerintah kabupaten blitar ceroboh dalam penerbitan imb pabrik gula rejoso manisindo, tanpa prosedur yang benar. Komisi satu akan segera meminta klarifikasi ke dinas penanaman modal perizinan terpadu, terkait terbitnya imb tersebut. 

Sementara,  pihak pemerintah desa selama ini tidak pernah dilibatkan dalam mekanisme pengurusan imb tersebut alias potong kompas.  Sehingga di lapangan menimbulkan konflik di masyarakat.  Pihak pemerintah desa mengancam akan mem ptun kan pemakb blitar dan mengadukan masalah tersebut ke komisi satu dprd kabupaten blitar. 

Proses pengalihan lahan untuk parbik, hingga kini juga belum selesai, data di pemerintah desa imb, total lokasi pt rmi sebesar 25 hektar namun kenyataanya yang dibebaskan masih 17,2 hektar. Dari Blitar Moh Aji .