DhohoTV - Sosial

Sidak Sembilan Bahan Pokok Jelang Ramadan Nganjuk

Oleh : redaksi Rabu, 17 Mei 2017

Keterangan : Menjelang bulan ramadan, tim satgas pangan polres nganjuk kian intensif melakukan razia dan mendadak (sidak). Kali ini satgas pangan polres nganjuk bekerja sama dengan disperindak pertanian pemerintah

Bagikan

Sidak dilakukan polisi dan pemkab nganjuk guna mengetahui harga 9 bahan pokok makanan dan apakah ada gejolak jelang ramadan. Sidak dilakukan ke pasar wage,  pasr bawang merah sukomoro.

Dalam sidak, petugas berkeliling dan menemui pedagang pasar. Mereka juga berdialog dan bertanya soal harga dan stok sembako jelang ramadan. Hasilnya, tidak ada gejolak soal harga sembako di pedagang dan pasar.

Sumiatun,  salah satu pedagang bawang merah di pasar sukomoro menjelaskan, harga bawang merah mulai stabil meski mulai  ada kenaikan satu minggu terakir ini. Bawang merah sekarang dijual rp 30 ribu per kg. Harga ini naik yang awallnya, rp 14 hingga rp 15 ribu. 

Kemudian,  cabai merah kini dijual rp 28 ribu - rp 30 ribu per kg. Selanjutnya bawang merah dijual kini dijual seherga rp 40 ribu. 

Harga sembako di pasar wage nganjuk  juga tidak bergejolak. Hanya bawang putih yang mengalami lonjakan tajam. Saat ini bawang putih dijual rp 60 ribu per kg atau naik tajam dibandingkan harga sebelumnya rp 20 ribu sampai rp 25 ribu per kg. 

Kasat reskrim polres nganjuk akp.gatot setyabudi menuturkan, sidak ini dilakukan bersama pemkab nganjuk. Cek harga kebutuhan pokok ini rutin dilakukan jelang ramadan. 

Sebab, ini sebagai dasar pemerintah kabupaten nganjuk untuk melakukan operasi pasar dengan bazar ramadan guna menstabilkan harga. Sampai saat ini harga sembakao di pasar-pasar cukup stabil. Memang bawang putih yang harganya sekarang cukup tinggi. Dari Nganjuk Komarudin.