DhohoTV - Sosial

Simulasi Anggota Polisi Lumpuhkan Pelaku Kejahatan Tulungagung

Oleh : redaksi Rabu, 17 Mei 2017

Keterangan : Seorang pengendara mobil di tulungagung , mencoba melawan , dan mengancam polisi menggunakan senjata api , saat terjaring razia lalu lintas. Penuh cekatan , anggota kepolisian melumpuhkan pelaku de

Bagikan

Petugas kepolisian dari berbagai satuan , dari satuan lalu lintas ,  satuan reserse kriminal , dan satuan bhayangkara ,  polres tulungagung  melaksanakan giat operasi patuh semeru 2017 , di jalan raya sukarno-hatta ,  depan gor lembupeteng ,  kelurahan tretek.  Dalam razia tersebut , petugas menghentikan , dan memeriksa satu persatu , kelengkapan surat-surat kendaraan,  dan barang bawaan pengendara yang melintas. 

Saat hendak memeriksa isi kendaraan ,  salah seorang pengendara mobil , tiba-tiba melawan,  dan mengancam todongkan senjata api pada petugas .  Melihat aksi yang mengancam keselamatan petugas tersebut,  salah seorang anggota polisi lainnya,  melakukan tindakan dikresi , langsung menembak tangan pelaku .  Mendapat serangan tidak terduga tersebut , pelaku langsung jatuh,  dan di ringkus,  pelaku berhasil diamankan tanpa ada korban dari pihak kepolisian.

Tindakan dikresi kepolisian pada dasarnya merupakan kewenangan kepolisian / untuk bertindak atau tidak bertindak menurut penilaiannya sendiri , dalam rangka keawajibannya dalam menjaga , memelihara ketertiban dan keamanan umum . Dikresi kepolisian di atur pada pasal 18 undang-undang nomor 2 tahun 2002 , bahwa untuk kepentingan umum,  pejabat kepolisian negara republik indonesia ,  dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya,  dapat bertindak menurut penilaiannya sendiri . 

Aksi berani anggota polisi yang melumpuhkan pelaku kejahatan bersenjata api ini , hanyalah sebuah simulasi ,  yang dilakukan kepolisian polres tulungagung,  untuk meningkatkan kesiapan serta kesigapan anggotanya,  dalam menghadapi situasi serupa , yang bisa saja terjadi pada saat bertugas.  Dari Tulungagung  Nada  Wianto .