DhohoTV - Sosial

Lebih Mudah, Daftar Jkn-Kis Kini Bisa Lewat Telepon Tulungagung

Oleh : redaksi Selasa, 16 Mei 2017

Keterangan : Saat ini badan penyelenggara jaminan sosial, bpjs, mengembangkan strategi untuk memudahkan calon peserta jaminan kesehatan nasional, jkn-kis. Masayarakat yang hendak mendaftar menjadi peserta jkn-ki

Bagikan

Untuk menjadi peserta jaminan kesehatan nasional, jkn-kis,  kini semakin mudah.  Cukup dengan menghubungi care center badan penyelenggara jaminan sosial,  bpjs, di nomor 1500-400, calon peserta jkn-kis sudah bisa melakukan pendaftaran. Tinggal menunggu dirumah,  kartu peserta jkn-kis pun akan dikirim ke alamat calon peserta. 

Untuk saat ini,  layanan pendaftaran lewat telepon ini,  khusus bagi calon peserta untuk kategori pekerja bukan penerima upah atau peserta mandiri, dan peserta kategori bukan pekerja. Dengan mendaftar lewat telepon, hal yang perlu dipersiapkan calon peserta adalah beberapa informasi yang akan ditanyakan oleh petugas care center, antara lain,  nomor kartu keluarga,  nomor induk kependudukan, nomor rekening tabungan, nomor handphone, serta alamat domisili untuk pengiriman kartu peserta jkn. 

Setelah petugas care center menyatakan pendaftaran selesai, calon peserta akan menerima nomor virtual acount, yang dikirimkan ke nomor ponsel atau email calon peserta.  Selajuntnya peserta diwajibkan membayar iuran pertama paling cepat 7 hari, dan paling lama 30 hari sejak nomor virtual acount diterbitkan.  Setelah melakukan pembayaran lewat bank,  kartu peserta  telah aktif dan akan dikirim ke alamat yang di informasikan saat mendaftar. 

Melalui care center tersebut,  peserta juga dapat melakukan perbaikan ataupun perubahan data, mulai dari nama hingga kelas rawat dan fasilitas kesehatan tingkat pertama. Di care center 1500-400 juga disediakan layanan teleconsulting, dimana peserta dapat melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter umum melalui sambungan telepon. 

Selain kemudahan pendaftaran melalui telepon, bps juga mengembangkan pendaftaran melalui sistem drop box, yang akan ditempatkan disetiap kecamatan yang ada di tulungagung. Sistem drop box ini rencananya akan dirilis pada awal juni mendatang. Dari Tulungagung Nada Wianto.