DhohoTV - Sosial

Melestarikan Warisan Leluhur, Komunitas Pecinta Keris Gelar Pameran Tosan Aji Nasional Blitar

Oleh : kamik Selasa, 16 Mei 2017

Keterangan : Melestarikan salah-satu peninggalan leluhur, komunitas pecinta benda pusaka di kota blitar, menggelar pameran benda pusaka tosan aji tingkat nasional. Selain jenis tombak, beragam benda pusaka berupa

Bagikan


Ratusan benda pusaka peninggalan jaman nenek moyang dari penjuru nusantara, yang usianya sudah ratusan tahun dipamerkan dalam pameran tosan aji yang diadakan oleh paguyuban pecinta benda seni kota blitar. Pameran tosan aji ini, digelar di kawasan wisata kota blitar. 

Keris yang di pamerkan kali ini, dari zaman kerajaan majapahit, singosari, mataram,  blambangan, bahkan dari lombok juga ada.  Selain keris kyai sengkelat dan singo barong,  terdapat juga keris nogososro sabuk inten bertahtakan emas dan intan,  yang konon memiliki khodam ular naga.   Pasalnya senjata keris merupakan salah satu senjata andalan bangsa indonesia di zaman dulu. 

Panitia pameran tosan aji, nurjiyanto mengatakan,  pameran pusaka berupa keris ini bertujuan untuk melestarikan warisan nenek moyang ,agar tidak punah termakan oleh zaman,  dan juga untuk memperkenalkan pada masyarakat luas, terutama generasi muda agar. Para pesertanya dari seluruh nusantara , seperti lombok , bima, kalimantan dan juga dari jawa-bali. 

Rencananya pameran benda pusaka seperti ini  , akan secara rutin digelar di kota blitar , untuk menumbuhkan kecintaan, terhadap sejarah budaya peninggalan warisan leluhur,  sertamasyarakat bisa mengenal lebih dekat,  tentang berbagai jenis nama dan juga sejarah tentang asal-usul benda pusaka tersebut. Dari Blitar Moh Aji Melaporkan.

 
 

 

 



Media Object

Komunitas kimcil nganjuk

Sosial     Hits : 2011
Media Object

Warga kediri temukan patung ganesa

Dhoho Hari Ini     Hits : 1289
Media Object

live

Live Streaming     Hits : 1159
Media Object

Kisah Pilu Hidup Dikandang Kambing

Dhoho Hari Ini     Hits : 1058
Media Object

Tradisi piton piton

Dhoho Hari Ini     Hits : 994
Media Object

Wisata danau warna

Sosial     Hits : 798