DhohoTV - Sosial

Demi Dapatkan Ijasah Setara Smp , Puluhan Warga Ikuti Ujian Nasional Paket B Tulungagung

Oleh : redaksi Senin, 15 Mei 2017

Keterangan : Meski pelaksanaan ujian nasional tingkat s-m-p dengan sejumlah permasalahannya , telah berlalu , namun tidak untuk warga yang mengikuti kelompok belajar masyarakat , k-b-m , paket b , karena mulai s

Bagikan

Di gedung s-d-n dua karangwaru , tulungagung  inilah ,  29 warga dari k-b-m paket b , dian ilmu ,  yang merupakan pendidikan non formal setara s-m-p , mulai sabtu pagi ini , melaksanakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil , u-n-k-p , paket b .

Sesuai jadwal yang telah ditentukan , ujian nasioanl paket b dilaksanakan selama tiga kali pertemuan , yakni di mulai tanggal 13 dan 14 mei , dua hari berturut-turut , dan dilanjutkan tanggal 20 mei mendatang , dengan mengujikan mata pelajaran bahasa indonesia , p-k-n , matematika , i-p-s , bahasa inggris ,  dan ipa. 

Uniknya , peserta ujian nasional paket b yang di dominasi oleh warga usia muda , namun mereka datang untuk belajar dan menginginkan mendapat ijasah setara s-m-p , dari berbagai latar belakang , yakni tidak dapat melanjutkan pendidikan formal s-m-p , diantaranya karena faktor ekonomi orang tua , drop out , keluarga berantakan hingga nikah di usia muda. 

Bahkan saking semangatnya mengikuti ujian , salah seorang peserta yang tengah sakit , nekat mengikuti ujian , dan sesekali tertidur saat mengerjakan soal ujian , karena sebelumnya mengkonsumsi obat untuk sakit yang dideritanya. 

Sementara itu , salah seorang perseta ujian nasional paket b , menuturkan bahawa untuk mengikuti ujian ini , persiapan yang dilakukan hanyalah belajar tekun dan semangat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi , karena untuk dapat masuk ke perguruan tinggi , harus memiliki ijasah setara s-m-a . Sehingga dengan ijasah yang didapatkan nanti , setidaknya berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai keinginannya.

Hal yang sama , juga diungkapkan oleh jito,  peserta ujian nasional paket b tertua,  berusia 42 tahun,  yang bekerja sebagai sopir truk , meski sedikit malu dengan anak-anaknya , untuk memperoleh ijasaha setara s-m-p,  namun dirinya berkeyakinan dengan ijasah yang lebih tinggi yang dimilikinya ,  setidaknya akan dapat merubah nasibnya, dengan berkesampatan mendapat pekerjaan yang lebih layak lagi .

Dalam ujian nasional paket b ini , pelaksanaannya tidak seperti tahun lalu , di mana tahun lalu dilaksanakan pada siang hari,  sedangkan tahun ini dilaksanakan pagi hari,  dan pelaksanaannya tidak berturut-turut dalam tiga hari selesai. Dari Tulungagung Nada Wianto .