DhohoTV - Sosial

Tari Selo Soca Ceritakan Kesucian Dewi Kilisuci Saat Bertapa Kediri

Oleh : redaksi Senin, 15 Mei 2017

Keterangan : Sepuluh mahasiswa jurusan seni drama dan musik universitas negeri surabaya minggu sore menggelar seni tari di pelataran goa selomangkleng kota kediri, dilokasi yang disebut pernah menjadi tempat pert

Bagikan

Petunjukan seni tari yang diberi nama tari selo soca ini di gelar di pelataran cagar budaya goa selomngkleng kota kediri,  pertunjukan ini di awali dengan kirab penari dari bawah menyusuri tangga naik ke depan goa dengan membawa sesaji dan buah-buahan hasil bumi.  Sesampainya di depan goa,  sesaji dan hasil bumi tersebut kemudian diletakan di atas tanah. 

Usai meletakan sesaji,  kemudian penari mulai menampilkan tarian yang diberi nama tari selo soca yang mempunyai arti batu suci, tari selo soca ini dibawakan oleh 10 penari yang merupakan mahasiswa dari jurusan seni drama dan musik universitas negeri surabaya , tarian ini menceritakan tentang kesucian dewi kilisuci saat melakukan tapa brata untuk mensucikan dirinya, pertapaan itu terdiri dari empat macam/ mulai dari bertatapa untuk mensucikan diri , bertatapa untuk menyatu dengan lingkungan, bertapa untuk menyembah dewa dan bertatapa untuk memberi nasehat kepada rakyatnya. 

Untuk menampilan tarian seindah ini, dibutuhkan persiapan yang memakan waktu  cukup panjang,  di akui salah satu penari bernama yulela nurimama, untuk bisa tampil seperti ini,  ia dan teman-temanya harus menggelar latian berkali-kali sejak beberapa bulan lalu, bahkan mahasiswa semester 8 itu juga bercerita kalau latian juga pernah dilakukan mulai tengah malam hingga pagi hari, hal itu disebabkan karena ia dan rekan-rekanya harus mengatur waktu dengan jam perkuliahan di kampus. 

Dipilihnya kawasan goa selomangkleng oleh mahasiswa, karena kawasan ini merupakan  situs bersejarah, menurut sejarah  situs goa selongkleng ini merupakan salah satu tempat yang digunakan dewi kilisuci untuk melakukan pertapaan, sehingga diharapkan pemilihan tempat ini bisa seirama dengan cerita tari yang ditampilkan. 

Pihak pemerintah kota kediri merespon positif terkait dipilihnya kawasan selomngkleng sebagai lokasi tunjukan tari tersebut.  Dikatakan kepala dinas pariswisata dan budaya kota kediri nur muhyar,  selain sebagai tempat bertapa dewi kilisuci, kawasan ini juga sebagai tempat yang telah melahirkan drama kisah panji yang cedritanya sudah terkenal diberbagai bagai belahan dunia. 

Pertunjukan kasenian ini mampu menarik animo masyarakat dan pengunjung wisata di lokasi tersebut , terbukti saat tarian ini ditampilkan puluhan masyarakat dari berbagai macam usia berkumpul dipinggir goa untuk menyaksikan, diharapkan sajian tari selo soca ini bisa dijadikan edukasi tentang ilmu sejarah oleh masyarakat,  sehingga mereka mengerti akan kekayaan sejarah dan budaya yang ada di daerahnya. Dari Kediri Habibul Muntaha .