DhohoTV - Sosial

Jelang Ramadhan Kebutuhan Pokok Naik Komarudin

Oleh : redaksi Jumat, 12 Mei 2017

Keterangan : Jelang ramadhan, sejumlah kebutuhan pokok dipasar wage nganjuk, terus merangkak naik. Kenaikan harga dipicu meningkatnya permintaan, sementara stok kebutuhan pokok masih terbilang lancar.

Bagikan

Jelang ramdahan,  sejumlah kebutuhan pokok terus merangkak naik, sejak dua pekan terakhir. Dari sidak yang dilakukan anggota dpr ri di pasar wage,nganjuk, pada kamis siang, sejumlah kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan diantaranya cabai besar, telur ayam, daging ayam, bawang putih, dan cabai rawit. 

Cabai besar yang dua pekan lalu seharga 35.ribu kini naik menjadi 40 ribu,  cabai rawit yang semula 40 ribu kini naik menjadi 50 ribu  rupiah perkilogram. Harga telur ayam yang semula 18 ribu naik 3 ribu menjadi 21 ribu perkilogram.  Harga bawang putih yang semula 30 ribu kini naik menjadi 42 ribu perkilogram, harga daging ayam yang sebelumnya 25 ribu naik menjadi 30 ribu perkilogram. 

Semnetara untuk harga daging sapi masih cenderung tetap.diangka 100 ribu rupiah perkilogram, harga bawang merah masih relatif stabil diharga 25 ribu rupiah perkilogram, sementara harga beras masih dikasaran 8 ribu untuk beras kualitas sedang, salah satu pedagang mengungkapkan, kenaikan harga mulai terasa sejak dua pekan terakhir keniakan tiap hari bervariasi mulai dari 500 hingga 1000 rupiah. 

Sementara itu surya alam mengungkapkan dari hasil sidka, kenaikan sejumlah kebutuhan pokok dipicu meningkatnya permintaan pembeli  jelang ramadhan, sejumlah pedagang mengaku setiap jelang ramadahan kenaikan harga sudah biasa terjadi.. Sementara itu untuk pasokan  sejumlah kebutuhan pokok sejauh ini masih terbilang aman hingga lebaran. 

Dari beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, barang berupa bawang putih yang hingga kini belum ada regulasi aturan yang jelas, sehingga berpotensi dimainkan ditingkat distributor dan juga tengkulak.n menyebabkan harga bawang putih bisa tidaj terkendali.  
Untuk itu surya alam mendesak pemerintah untuk segera menetapkan regulasi yg jelas agar masyarakat tidak menjadi korban kenaikan harga bawang putih

Jika harga sembako di pasaran terus menerus melonjak dan tidak kunjung stabil,  pemerintah berencana mengambil tindakan melalui operasi pasar.  Dalam operasi pasar,  masyarakat bisa membeli berbagai barang kebutuhan pokok dengan harga murah yang telah ditetapkan pemerintah . Dari Nganjuk Komarudin.