DhohoTV - Sosial

Seorang Pria Mengaku Dukun Yang Bisa Menggandakan Uang Blitar

Oleh : redaksi Selasa, 09 Mei 2017

Keterangan : Berdalih dapat menggandakan uang, seorang pria asal kabupaten kabupaten blitar, jawa timur ditangkap satuan reskrim mapolres blitar. Ironisnya, korban yang ditipu merupakan tetangganya sendiri. Dari

Bagikan

Siswanto 44 tahun, warga desa panggungasri kecamatan panggungrejo kabupaten blitar, langsung digelandang petugas satreskrim polres blitar. Tersangka ditangkap, karena adanya laporan dari korban, yakni sukadi yang masih tetangga tersangka. Tersangka yang mengaku sebagai dukun ini, berdalih dapat menggandakan uang hingga sepuluh kali lipat, dengan ritual tertentu.
Dari tangan tersangka, petugas mengamankan sejumlah barang-bukti yang digunakan oleh tersangka untuk keperluan ritual. Seperti minyak wangi, cangkir serta kain hijau yang digunakan untuk ritual. 

Untuk menyakinkan korban, awalnya tersangka mengajak korban melakukan ritual. Namun tanpa sepengetahuan korban, tersangka menaruh uang di bawah kain terlebih dahulu. Selanjutnya, korban disuruh meletakkan uang seratus ribu di bawah kain. Selanjutnya kain diberi minyak wangi dan diputar-putar.  Setelah dibuka, uang korban menjadi satu juta lebih. 

Kapolres blitar, akbp slamet waloya mengatakan, modus dari tersangka, yakni menjanjikan uang berlipat-ganda hingga sepuluh kali-lipat.  Namun korban yang sudah menyetorkan uang hingga 65 juta, ternyata tidak bertambah, justru habis dipakai tersangka untuk keperluan sehari-hari. Pasalnya, tersangka merupakan pengangguran.

Kini tersangka harus mendekam di balik jeruji mapolres blitar guna mempertanggung jawabkan perbuatannya. Tersangka akan dijerat dengan pasal 372 dan 378 tentang penggelapan dan penipuan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. Dari Blitar, Moh Aji .