DhohoTV - Sosial

Di Kampung Matematika , Ratusan Anak Belajar Cara Mudah Dan Menyenangkan Pelajaran Matematika Tulungagung

Oleh : redaksi Selasa, 09 Mei 2017

Keterangan : Karang taruna di salah satu desa di kabupaten tulungagung , jawa timur , membuat inovasi pembelajaran bersama dengan mengembangkan kampung matematika , terhadap anak-anak yang masih duduk di bangku se

Bagikan

Kampung matematika ini , dikembangkan di desa bangoan , kecamatan kedungwaru , kabupaten tulungagung , jawa timur , sejak tiga tahun yang lalu , dan yang menarik para tutor yang menjadi relawan di kampung matematika merupakan para pemuda , atau karang taruna desa setempat . 

Sebelum diterjunkan langsung menjadi tenaga pendidik pelajaran matematika , para pemuda desa tersebut , terlebih dahulu mendapatkan pendidikan dan pelatihan khusus dari para tenaga profesional dibidangnya .
Menurut kepala desa bangoan , pembelajaran matematika di desa bangoan , tersebar di tujuh lokasi rumah belajar , dengan memanfaatkan rumah-rumah penduduk . Saat ini , jumlah peserta didik kampung matematika telah mencapai hampir 300 siswa , seluruhnya merupakan anak-anak setempat , yang masih duduk di bangku sekolah dasar . 

Meski setiap rumah belajar memiliki jam pertemuan belajar yang berbeda-beda , namun dalam satu minggu minimal dilakukan dua kali pembelajaran . Sedangkan khusus hari jumat , pemerintah desa membuat jam khusus , di mana seluruh siswa diwajibkan datang ke masing-masing rumah belajar mulai dari jam dua siang  hingga selesai .

Awal dibuatnya kampung matematika tersebut , terinspirasi dari banyaknya anak-anak sekolah yang menganggap ilmu hitung tersebut , sebagai momok dalam pendidikan di sekolah . Persoalan tersebut akhirnya coba dipecahkan bersama-sama dengan para pemuda kampung , dan tercetuslah kampung matematika , yang kini justru banyak disukai anak-anak , yang sebelumnya mereka sepertinya antipati terhadap pelajaran matematika . 

Untuk menunjang seluruh proses pembelajaran , pemerintah desa memanfaatkan alokasi anggaran dari pendapatan daerah serta dukungan dari  dana desa , sehingga seluruh siswa bisa mengikuti pembelajaran matematika , secara gratis . Proses belajar matematika ini , berlangsung cukup menarik , tidak hanya sekedar pelajaran teori saja , namun para tutor juga mengajak peserta didik untuk mengenal langsung sejumlah alat peraga yang berhubungan dengan ilmu matematika . 
Para pemuda desa , mengaku cukup senang menjadi relawan dikampungnya , karena bisa menularkan ilmu yang di dapat , kepada anak-anak dikampungnya. 

Salah seorang siswa kampung matematika , merthanaya , mengaku mendapatkan banyak ilmu tentang matematika , dan selain itu suasana belajar di nilainya juga cukup santai dan menyenangkan , sehingga pelajaran yang diberikan mudah terserap . 
Rencananya , program kampung matematika ini , akan terus dikembangkan hingga memiliki lebih dari 10 rumah belajar .  Diharapkan dengan adanya pembelajaran tambahan , para generasi muda di desa bangoan , lebih unggul , dan dapat dengan mudah untuk mendapatkan pendidikan maupun pekerjaan yang layak di jenjang berikutnya . Dari Tulungagung Nada Wianto.