DhohoTV - Sosial

Jelang Ramadhan Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Naik Kediri

Oleh : redaksi Senin, 08 Mei 2017

Keterangan : Mendekati masuknya bulan suci ramadhan , harga sejumlah kebutuhan pokok di beberapa pasar tradisional kota kediri, mulai naik. Kenaikan harga yang paling mencolok terjadi pada bawang putih dan telur.

Bagikan

Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar pahing,  kota kediri, mulai naik mendekati masuknya bulan suci ramadhan.  Beberapa jenis barang seperti gula , telur dan bawang putih , terus naik setiap hari. Dalam satu hari ketiga jenis bahan tersebut naik rata rata seribu rupiah untuk tiap kilogramnya. 

Harga gula saat ini mencapai dua belas ibu lima ratus rupiah per kilogram , naik lima ratus rupiah dari harga sebelumnya.  Sedangkan untuk jenis telur naik dari empat belas ribu rupiah , menjadi sembilan belas ribu rupiah per kilogram. Kenaikan harga yang mencolok terjadi pada bawang putih, yang naik dari tiga puluh dua ribu rupiah, menjadi lima puluh empat ribu rupiah tiap kilogramnya. 

Kenaikan harga ini sudah terjadi sejak seminggu terakhir ,  para pedagang mengaku harga naik sudah dari pasar grosir .  Kenaikan harga ini diperkirakan akan terus terjadi , hingga memasuki bulan suci ramadhan. Setelah itu harga relatif stabil , dan akan naik kembali menjelang hari raya idul fitri. 

Menanggapi hal itu,  kepala dinas perindustrian perdagangan dan energi kota kediri yetti sisworini, ketika ditemui dalam kegiatan workshop pengawasan peredaran jasa di salah satu hotel di kota kediri mengatakan , pihaknya mengaku dalam waktu dekat akan melakukan sidak ke sejumlah pasar untuk mengetahui harga-harga kebutuhan pokok yang sebenaranya. Selain itu disperidag bersama instansi terkait juga akan menggelar oprasi pasar untuk menstabilkan harga. 

Rencanya oprasi pasar tersebut akan rutin digelar setiap hari hingga menjelang idul fitri, di setiap keluarahan se kota kediri yang berjumlah 46 kelurahan .  Dari Kediri Habibul Muntaha .