DhohoTV - Sosial

Pemkot Gelar Temoe Onthelis Nusantara, Ribuan Peserta Hadiri Acara Tersebut Blitar

Oleh : redaksi Selasa, 02 Mei 2017

Keterangan : Memperingati hari ulang tahun yang 111 tahun, pemerintah kota blitar menggelar temoe onthelis nusantara. Ribuan peserta, dari jawa dan dari luar jawa, hadir dalam temoe onthelis tersebut. Diharapkan d

Bagikan

Acara temoe onthelis nusantara diawali dengan upacara, yang dimpimpin langsung oleh walikota blitar, samanhudi anwar.  Acara yang dimulai dari depan rumah dinas ini, walikota blitar samanhudi anwar  juga memberikan sambutan. Dalam sambutannya, ,samanhudi anwar menyatakan,  jika acara bertajuk (temoe onthelis nusantara) ini, bertujuan untuk lebih mempererat silaturahmi para penggemar sepeda tua atau dikenal onthelis. 

Usai memberikan sambutan,  samanhudi anwar memberangkatkan ribuan peserta onthelis,  yang berasal dari jawa dan kalimantan. Ribuan peserta onthelis ini, tidak hanya berasal dari jawa saja , bahkan dari kalimantan juga ada. Tua-muda, pria dan kaum hawa tidak ketinggalan ikut dalam acara ini. 

Ribuan peserta onthelis, berdandan berbagai macam.  Ada yang berpakaian ala tentara jaman dulu, tentara veteran, pakaian adat dan masih banyak macam pakaian yang dikenakan para peserta onthelis. 

Salah-satu peserta mengaku, selain hoby dan melepas stres usai beraktivitas,  ia juga bisa berkumpul dengan para penggemar sepeda tua seluruh nusantara.  Ia juga bangga mempunyai sepeda tua, yang diperkirakan tahun 1875 yang di indoesia sangat jarang yang punya.

Ribuan peserta onthelis ini, harus berkeliling kota blitar dan menempuh rute sejauh tujuh belas kilometer. Diawali dari rumah dinas walikota blitar dan finish di kebonrojo kota blitar.

Walikota blitar, samanhudi anwar mengatakan, acara temoe onthelis ini,  juga untuk silaturahmi kebangsaan. Karena , para peserta berasal dari berbagai daerah dan mengenakan baju beraneka macam, sebagai simbol keberagaman indonesia, namun tetap satu menjunjung tinggi nkri. 

Di garis finish, juga terdapat stand-stand yang menyediakan bermacam-macam onderdil dan aksesoris sepeda kuno. Ribuan peserta onthelis juga bisa berburu onderdil dan aksesoris kuno, yang sangat jarang ditemui.

Rencananya, acara temoe onthelis nusantara tersebut, akan menjadi agenda rutin setiap hari jadi pemkot blitar. Dari Blitar Moh Aji.