DhohoTV - Sosial

Dinas Sosial Jatim Lepaskan Pasung Dua Penderita Penyakit Jiwa Kediri

Oleh : kamik Kamis, 06 April 2017

Keterangan : Dinas sosial provinsi jawa timur hari ini melepaskan pasung dua orang penderita gangguan jiwa di kabupaten kediri-jawa timur, upaya ini dilakukan untuk mewujudkan program pemerintah jawa timur , bebas

Bagikan

Dinas sosial provinsi jawa timur bersama petugas rumah sakit jiwa radjiman wediodiningrat lawang malang membebaskan pebrianto warga desa peh wetan kecamatan papar kabupaten kediri, laki-laki 24 tahun yang diketahui menderita penyakit skezonia atau gangguan jiwa ini dipasung oleh keluaraganya di belakang rumah karena sering mengamuk .  Pihak dinas dan petugas rumah sakit dengan dibantu warga memotong rantai yang mengikat tangan dan kaki pasien , setelah terlepas kemudian pasien dibawa keluar dan di mandikan.

Selain pebrianto, hari ini, petugas juga melepaskan ahmad ubaidilaah warga desa badal kecamatan ngadiluwih kabupaten kediri. Ahmad menderita gangguan jiwa di usianya yang ke 23 tahun. Ia dirantai bagian kakinya dan ditempatkan di ruangan 3x3 meter , sekaligus dengan kamar mandi, sejak sekitar 15 tahun lalu, ketika pria berusia 44 tahun tersebut dianggap berbahaya bagi lingkungannya  . Ahmad kerap mengamuk dengan membawa sebilah bambu , dan kerap merusak perabot rumah tangganya .

Kedua pasien tersebut selanjutnya akan di lakukan perawatan medis di rumah sakit jiwa malang . Sesuai dengan aturan, di rumah sakit akan direhabilitasi dulu sekitar 2-3 bulan. Sesuai data dari dinas sosial provinsi jawa timur, saat ini di jawa timur ada 2 ribu 400 penderita gangguan jiwa , dan yang belum dibeskan ada 640 . Kedepan pihak dinsos akan terus melakukan pembebasan pasung secara  berkala , dengan target sehari 2 hingga 3 penderita, hal ini dilakukan menindak lanjuti intruksi gubernur, jawa timur bebas pasung tahun 2017.

Para pasien penderita gangguan jiwa itu kemudian dibawa ke rumah sakit jiwa radjiman wediodiningrat, lawang , malang jawa timur, untuk mendapatkan perawatan . Sejumlah treatmen pemulihan akan dilakukan pihak medis , hingga penderita siap kembali ke masyarakat . Pihaknya meminta semua pihak turut membantu, dengan menerima kembali kehadiran penderitanya . Sebab penolakan , akan menghambat kesembuhan dari mereka . Dari Kediri Habibul muntaha.

 
 

 

 



Media Object

Komunitas kimcil nganjuk

Sosial     Hits : 2016
Media Object

Warga kediri temukan patung ganesa

Dhoho Hari Ini     Hits : 1292
Media Object

live

Live Streaming     Hits : 1186
Media Object

Kisah Pilu Hidup Dikandang Kambing

Dhoho Hari Ini     Hits : 1059
Media Object

Tradisi piton piton

Dhoho Hari Ini     Hits : 997
Media Object

Wisata danau warna

Sosial     Hits : 802