DhohoTV - Sosial

Pemerintah Propinsi Jatim Gulirkan Program Jalan Lain Menuju Mandiri Dan Sejahtera Atau Jalin Matra Blitar

Oleh : redaksi Rabu, 05 April 2017

Keterangan : Untuk mengantisipasi keterpurukan ekonomi masyarakat warga sangat miskin, pemerintah propinsi jawa timur meluncurkan program jalin matra atau jalan lain menuju mandiri dan sejahtera di kab blitar. Saa

Bagikan

Bertempat di salah-satu rumah makan di kota blitar, dinas pemberdayaan masyarakat (dpm) mengadakan sosialisasi program jalin matra, kepada para kepala desa, ketua bpd, pendamping ataupun tim penggerak pkk masing-masing kecamatan.

Acara sosialisasi diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan, yang diikuti oleh seluruh peserta dan para tam undangan. Selain dihadiri kepala dinas pemberdayaan masyarakat, mujianto, juga hadir ketua pkk kabupaten blitar, hajjah ninik rijanto.

Sasaran program jalin matra ini, yakni warga miskin dan sangat miskin yang tersebar di wilayah kab blitar. Untuk tahun 2017 ini, jumlah penerima program jalin matra ada 23 desa, yang tersebar di 15 kecamatan. Model bantuannya berupa permodalan yang diperuntukkan untuk rakyat miskin, yang disalurkan melalui bumdes atau badan usaha milik desa.

Program jalin matra ini memang diprioritaskan bagi masyarakat kecil agar dapat mengembangkan usahannya, seperti pedagang keliling, pedagang jajanan pasar dan lain sebagainya. Sementara sebagai pengendali jalannya program ini, yakni dari perguruan tinggi yang telah di tunjuk oleh pemerintah jawa timur. Kegiatan sosialisasi program jalin matra ini juga di harapkan dapat diteruskan melalui apbd daerah tingkat kabupaten. Karena progran jalin matra ini, sendiri akan berakhir pada 2018 sesuai masa bakti gubernur jawa timur soekarwo. Dari Blitar Moh Aji .