DhohoTV - Sosial

Peringati Hari Jadi Kota Blitar, Pemkot Gelar Upacara Dengan Memakai Baju Jadul Blitar

Oleh : kamik Senin, 03 April 2017

Keterangan : Memperingati hari jadi kota blitar ke 111, pemerintah kota blitar menggelar upacara yang mewajibkan pesertanya menggunakan pakaian jadul atau jaman doloe. Hal ini untuk melestarikan tradisi berbusana

Bagikan

Ada yang berbeda dalam prosesi upacara, dalam memperingati hari jadi kota blitar ke 111, yang dilaksanakan di alun–alun kota blitar pagi tadi. Pasalnya, seluruh peserta upacara diwajibkan menggunakan pakaian jaman dulu atau jadul, terkecuali peserta dari tni dan polri.

Sebelum pelaksanaan upacara jadul, terlebih dahulu diawali dengan pembacaan sejarah berdirinya kota blitar, serta pembacaan tokoh-tokoh yang pernah menjabat sebagai walikota blitar. Selanjutnya, upacara jadul tersebut, dipimpin langsung oleh walikota blitar, samanhudi anwar.

Dalam upacara, juga dihadirkan simbol serta panji-panji kebesaran kota blitar, yang dibawa oleh pasukan paskibraka. Usai mengheningkan cipta, walikota blitar, samanhudi anwar juga membacakan teks pancasila, yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.
Dalam pesannya walikota blitar menyatakan, di bawah kepemimpinannya, kota blitar mengalami kemajuan yang cukup pesat. Terbukti angka kemiskinan dari tujuh koma lima persen menjadi enam koma 7 persen.

Upacara yang tergolong unik ini, mengingatkan kembali ke jaman tempo doeloe tersebut,  bertujuan untuk melestarikan tradisi berbusana kuno, yang saat ini mulai tergilas dengan modernisasi jaman. Lebih – lebih bagi kalangan anak muda, yang kebanyakan merasa malu karena dianggap bukan trendnya lagi.

Menurut walikota blitar samanhudi anwar mengatakan, peringatan hari jadi ke 111 ini sengaja mengambil tema menggelorakan semangat ekonomi kreatif. Selain itu, dengan pakaian jaman dulu identik dengan jati-diri bangsa. Karena dengan memakai baju jadul orang tidak akan punya niat korupsi.

Salah-satu pns mengaku, meski mengenakan baju jadul, justru merasa enjoy, karena busana jadul merupakan warisan leluhur. Selain itu, baju jadul ini, merupakan pakaian yang sopan dan sesuai dengan adat bangsa timur. Rencananya upacara dengan memakai baju jadul ini akan terus di laksanakan dan menjadi agenda rutin tiap tahun kota blitar. Selain itu, tradisi upacara dengan memakai baju jadul, diharapkan bisa menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Dari Blitar Moh Aji .

 
 

 

 



Media Object

Komunitas kimcil nganjuk

Sosial     Hits : 2014
Media Object

Warga kediri temukan patung ganesa

Dhoho Hari Ini     Hits : 1290
Media Object

live

Live Streaming     Hits : 1168
Media Object

Kisah Pilu Hidup Dikandang Kambing

Dhoho Hari Ini     Hits : 1058
Media Object

Tradisi piton piton

Dhoho Hari Ini     Hits : 995
Media Object

Wisata danau warna

Sosial     Hits : 800