DhohoTV - Sosial

Rumah Pintar Pemilu , Sarana Pembelajaran Calon Pemilih Dan Tingkatkan Partisipasi Pemilih Di Pemilu Tulungagung

Oleh : redaksi Senin, 03 April 2017

Keterangan : Untuk memberikan sarana pembelajaran terhadap calon pemilih , terutama pemilih pemula , dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam ajang pilkada maupun pemilu , komisi pemilihan umum kabupaten tulunga

Bagikan

Meski pemilihan kepala daerah , pilkada , dan pemilihan umum , pemilu , masih lama bergulir , namun k-p-u kabupaten tulungagung , jawa timur , telah melakukan terobosan baru dengan meluncurkan rumah pintar pemilu , r-p-p , reog kendang , yang menempati di salah satu ruangan administrasi .

Dipilihnya reyog kendang , sebagai nama rumah pintar pemilu ini , karena reyog kendang , merupakan salah satu seni tari asli tulungagung , dan sebelumnya telah menjadi maskot pemilihan bupati dan wakil bupati yang lalu . Bahkan dalam peresmian r-p-p ini , juga disajikan seni tari reyog kendang , yang juga dihadiri anggota k-p-u provinsi jatim .

Menurut ketua k-p-u kabupaten tulungagung , suprihno , bahwa dengan adanya rumah pintar pemilu ini , dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran terhadap calon pemilih , terutama pemilih pemula . Serta dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam ajang pilkada maupun pemilu mendatang . Diharapkan dengan rumah pintar ini , dapat dimanfaatkan semua kalangan masyarakat tentang informasi pemilu , diantaranya sejarah pemilu , tahapan pemilu , dan hasil-hasil pemilu .

Sementara itu , menurut muhammad arbayanto , divisi teknis k-p-u provinsi jawa timur , adanya rumah pintar pemilu ini , upaya k-p-u untuk membangun lembaga yang inkulsif , terbuka , lebih dekat dengan masyarakat  , sehingga kinerja k-p-u , dapat diliaht sevara langsung oleh masyarakat lebih nyata . Sedangkan untuk pilkada serentak di tahun 2018 mendatang , jawa timur akan menggelar 19 pilkada , termasuk pemilihan gubernur jatim .

Untuk pemilihan bupati dan wakil bupati tulungagung , juga akan di gelar tahun 2018 mendatang , dan tahapan pilbup tersebut , akan di mulai pada bulan september 2017 . Dari Tulungagung Nada Wianto.

 
 

 

 



Media Object

Komunitas kimcil nganjuk

Sosial     Hits : 2113
Media Object

live

Live Streaming     Hits : 1897
Media Object

Warga kediri temukan patung ganesa

Dhoho Hari Ini     Hits : 1363
Media Object

Kisah Pilu Hidup Dikandang Kambing

Dhoho Hari Ini     Hits : 1131
Media Object

Tradisi piton piton

Dhoho Hari Ini     Hits : 1065
Media Object

Wisata danau warna

Sosial     Hits : 874