DhohoTV - Sosial

Trek Panjat Tebing Gunung Pegat, Penyaluran Hobi Sekaligus Konservasi Tulungagung

Oleh : redaksi Kamis, 30 Maret 2017

Keterangan : Bagi anda pecinta olahraga ekstrem panjat tebing, trek panjat tebing alam gunung pegat, di tulungagung, jawa timur ini, bisa menjadi pilihan untuk menyalurkan hobi. Akses ke lokasi yang tidak terlalu

Bagikan

Lokasi jalur pemanjatan tebing gunung pegat ini, hanya berjarak sekitar 20 kilometer, arah selatan kota tulungagung, jawa timur, dan dapat di tempuh dengan kendaraan bermotor, sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota. Lokasinya berada pegunungan kapur, desa sawo kecamatan campurdarat.

Jalur pemanjatan yang baru dibuka awal tahun 2017, oleh sejumlah anggota federasi panjat tebing indonesia, fpti, ini, memiliki 5 jalur pemanjatan dengan ketinggian bervariasi, mulai dari jalur pemanjatan watu cetek, dengan ketinggian 20 meter, hingga jalur pemanjatan yang di beri nama tropical divorse, setinggi 50 meter dari dasar tebing.

Trek pemanjatan tebing pegat sendiri, memiliki tingkat kesulitan yang masuk grade 5-10-a hingga grade 5-10-c.  Dengan kontur tebing yang tersusun atas batuan kapur, membuat trek pemanjatan gunung pegat, dapat di panjat sewaktu-waktu, dan tidak licin  meski pada musim penghujan.

Menariknya lagi, pembukaan jalur pemanjatan di gunung pegat ini, selain sebagai penyaluran hobi dan untuk menarik wisatawan, khususnya pemburu olahraga pemacu adrenalin, dibukanya lokasi panjat tebing alam di tulungagung ini, juga sebagai salah satu upaya konservasi sumber air.

Upaya konservasi dengan membuka lokasi wisata panjat tebing ini, berangkat dari kekhawatiran dengan maraknya penambangan batu kapur dan marmer, di pegunungan karst yang menjadi daerah resapan air ini, yang bila tidak dikelola secara bijak, dikhawatirkan akan merusak sumber-sumber  mata air di kawasan ini, dimana sumber-sumber air tersebut, dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari dan irigasi lahan pertanian. Dari Tulungagung Nada Wianto .

 
 

 

 



Media Object

Komunitas kimcil nganjuk

Sosial     Hits : 2113
Media Object

live

Live Streaming     Hits : 1897
Media Object

Warga kediri temukan patung ganesa

Dhoho Hari Ini     Hits : 1363
Media Object

Kisah Pilu Hidup Dikandang Kambing

Dhoho Hari Ini     Hits : 1131
Media Object

Tradisi piton piton

Dhoho Hari Ini     Hits : 1065
Media Object

Wisata danau warna

Sosial     Hits : 874