DhohoTV - Sosial

Antisipasi Penyelewengan Anggaran, Dinas Pmd Gelar Rakor Percepatan Dana Desa Blitar

Oleh : redaksi Kamis, 30 Maret 2017

Keterangan : Dinas pemberdayaan masyarakat desa kabupaten blitar, menggelar rapat bersama koordinasi percepatan realisasi dana desa dengan camat dan kasi pmd di kecamatan, untuk antisipasi penyelewengan penggunaan

Bagikan

Bertempat di ruang perdana eks kantor pemerintah kabupaten blitar, pada rabu pagi di gelar rapat bersama antara dinas pemberdayaan masyarakat dengan kepala kecamatan dan kasi pmd. Dalam rapat tersebut di laksanakan dua agenda yakni, tindak lanjut percepatan pelaksanaan pembangunan di desa melalui dana desa dan add dan rancangan peraturan bupati tentang penghasilan tetap kepala desa dan perangkat desa.

Dalam rapat koordinasi tersebut, di pimpin langsung oleh mujianto kepala dinas pmd dengan di dampingi agus santosa sekretaris dinas dan setyono kabid pembangunan desa. Kegiatan ini, merupakan tindak lanjut evaluasi pengalaman penggunaan add dan dana desa pada tahun 2016 yang lalu. Pasalnya, dalam pelaksanaanya masih terjadi kendala serta masalah dalam pengelolaan dana desa.

Untuk itu, tahun 2017 ini, pemerintah kabupaten blitar berencana akan menerapkan aplikasi sistem keuangan desa (siskudes) berbasis online. Produk yang di buat oleh bpkp ini, di rekomendasikan oleh kpk secara nasional untuk di pakai dalam penggunaan anggaran alokasi dana desa dan dana desa, yang di gadang-gadang dapat mewujudkan pengelolaan anggaran add dan dana desa secara transparan, tepat sasaran dan akuntable.

Mengingat, anggaran add dan dana desa di tahun 2017 ini untuk apbd kabupaten blitar, untuk add mengalokasikan anggaran sebesar 126 milyart lebih. Sedangkan untuk dana desa melalui dana apbn dalam pagu anggaran di alokasikan sebesar 178 milyart lebih. Adapun itu dari alokasi anggaran yang nilainya cukup fantastis tersebut, realisasi pencairannya di bagi menjadi dua tahap pencairan, dengan porsentase tahap pencairan enam puluh persen dan empat puluh persen. Dan di bagikan keseluruh desa di kabupaten blitar dengan jumlah 220 desa.

Menurut mujianto, kepala dinas pemberdayaan masyarakat desa kabupaten blitar, rapat koordinasi percepatan realisasi alokasi dana desa dan dana desa ini, sangat perlu di lakukan, hal ini sebagai langkah upaya preventif dari dinas pemberdayaan masyarakat desa kabupaten blitar, dalam menyambut pelaksanaan add dan dana desa agar nantinya tidak terjadi kesalahan dan manfaatnya bisa tepat sasaran. Pasalnya, berdasarkan dari hasil rakornas muncul wacana di tahun 2018 mendatang akan ada penambahan anggaran lagi yang cukup besar. Dari sebelumnya apbn tahun 2017, mengalokasikan anggaran sekitar  60 trilyun akan naik menjadi 120 trilyun. Adanya penambahan anggaran yang cukup besar itu. Sesuai amanat konsentrasi dana desa dan add dari presiden dan bupati untuk membangun infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat pinggiran. Dari Blitar Moh Aji .

 
 

 

 



Media Object

Komunitas kimcil nganjuk

Sosial     Hits : 2113
Media Object

live

Live Streaming     Hits : 1897
Media Object

Warga kediri temukan patung ganesa

Dhoho Hari Ini     Hits : 1363
Media Object

Kisah Pilu Hidup Dikandang Kambing

Dhoho Hari Ini     Hits : 1131
Media Object

Tradisi piton piton

Dhoho Hari Ini     Hits : 1065
Media Object

Wisata danau warna

Sosial     Hits : 874