DhohoTV - Sosial

Serangan Hama Wereng Resahkan Petani Tulungagung

Oleh : redaksi Kamis, 30 Maret 2017

Keterangan : Sejak beberapa pekan terakhir , petani di tulungagung, diresahkan dengan serangan hama wereng yang menyerang tanaman padi , dan ancaman gagal panen pun , menghantui para petani . Untuk meminimalisir d

Bagikan

Serangan hama wereng di lahan pertanian di desa bono , kecamatan boyolangu , dan kelurahan tamanan , tulungagung , jawa timur ini , terjadi sejak sekitar dua pekan terakhir . Hama wereng dengan cepat menyebar , menyerang tanaman padi yang rata-rata masih berumur satu bulan . Serangan hama wereng mengakibatkan sebagian tanaman padi rusak , mengering dan mati .

Serangan hama wereng kali ini , merupakan serangan terparah , dalam beberapa musim tanam padi terakhir , terdapat tiga jenis wereng yang menyerang , yakni wereng hijau , wereng coklat , dan wereng putih . Hama wereng ini , menyerang bagian  batang tanaman padi , hingga tanaman mengering dan mati , ancaman gagal panen pun kini menghantui para petani .

Menurut petani , serangan hama wereng ini , dipengaruhi faktor cuaca , musim kemarau basah yang terjadi pada tahun ini , membuat perkembangan hama wereng begitu pesat , dan juga aktivitas tanam padi sepanjang tahun . Di mana tanaman padi kali ini , merupakan tanam padi ketiga , yang dilakukan petani tanpa jeda . Hal tersebut , berdampak pada tidak terputusnya siklus perkembangan hama wereng .

Untuk meminimalisir dampak seranga, yang bisa mengakibatkan gagal panen , petani membasmi hama wereng menggunakan cairan insektisida . Meskipun begitu tidak semua hama wereng dapat musnah , penyemprotan insektisida yang dilakukan tidak serempak , hanya membuat sebagian hama wereng ,  berpindah dari lahan padi satu ke lahan yang lain . Dari Tulungagung Nada Wianto .