DhohoTV - Sosial

Pawai Puluhan Ogoh-Ogoh Rayakan Hari Raya Nyepi Kediri

Oleh : redaksi Senin, 27 Maret 2017

Keterangan : Puluhan patung ogoh-ogoh dari berbagai daerah berkumpul di simpang 4 garuda kecamatan pare kabupaten kediri, untuk merayakan hari raya nyepi . Sebelumnya, ribuan umat hindu melakukan upacara melasti ,

Bagikan

Ribuan umat hindu dharma dari berbagai daerah berkumpul di kawasan simpang 4 garuda kecamatan pare kabupaten kediri , jelang perayaan hari raya nyepi selasa besok. Para umat hindu yang tergabung dalam parisada hindu dharma indonesia, phdi, kabupaten kediri ini , sebelumnya melakukan doa dan upacara melasti untuk meminta keselamatan dan kesejahteraan serta kerukunan
Sesuai keyakinannya, para umat hindu memliki hubungan tri cakarana . Yakni hubungan utama dengan tuhan yang maha esa, kemudian hubungan samping dengan sesama manusia, kemudian yang terakhir adalah hubungan kebawah dengan makhluk butakala yang digambarkan melalui patung ogoh-ogoh tersebut.

Usai membaca doa dalam upacara melasti, para umat hindu ini memercikan air suci pada para patung ogoh-ogoh sebelum diarak. Kemudian puluhan patung ogoh-ogoh diarak mengelilingi simpang 4 garuda , dan diiringi tarian dan gamelan .

Menurut ketua phdi kabupaten kediri, kadek astrawan , kegiatan ini rutin digelar tiap tahun pada perayaan hari raya nyepi ke 1939 . Sementara perayaan kali ini memiliki arti kerukunan dan kesejahteraan warga dalam berbangsa indonesia maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Pawai ogoh-ogoh ini juga menyedot antusiasme warga untuk melihat langsung. Ribuan warga  beberapa desa di kabupaten kediri juga datang ke lokasi . Selain bertoleransi antar umat beragama, warga juga senang dapat terhibur dengan pertunjukan tersebut.
Usai diarak berkeliling, patung ogoh-ogoh tersebut akan dibawa kembali ke desa masing-masing untuk diobong atau dibakar nanti. Sementara, kegiatan ini juga menyebabkan arus lalu lintas di sekitar lokasi tersendat . Dari Kediri Habibul Muntaha.