DhohoTV - Sosial

Puluhan Umat Hindu Sucikan Diri Di Telaga Mburet Tulungagung

Oleh : redaksi Senin, 27 Maret 2017

Keterangan : Menjelang perayaan hari raya nyepi , yang akan dilaksanakan pada 28 maret mendatang , puluhan umat hindu di tulungagung , jawa timur , menggelar upacara melasti , atau penyucian diri di telaga mburet

Bagikan

Mengusung tema meningkatkan toleransi demi keutuhan n-k-r-i , puluhan umat hindu di tulungagung , jawa timur , menggelar upacara melasti , di telaga mburet , desa sawo , kecamatan campurdarat . Sesaji yang terdiri dari berbagai jenis hasil bumi ,  dan hewan ternak , di arak menuju menuju tempat upacara , di sekitar telaga .
Di pimpin seorang mangku atau pemuka agama , puluhan umat hindu tulungagung ini , begitu khusyuk , dalam mengikuti jalannya upacara .

Upacara melasti yang dilakukan umat hindu ini , sebagai simbol penyucian diri manusia dan alam raya . Upacara melasti , biasanya di gelar diperairan , seperti pantai , telaga , dan juga sungai , waktu pelaksanaannya adalah beberapa hari menjelang tapa brata hari raya nyepi .

Setelah melaksanaan uacara melasti , umat hindu akan menggelar upacara tawur kesanga , pada h min 1 perayaan hari raya nyepi . Dalam upacara tawur kesanga , mereka akan mengarak patung raksasa atau ogoh-ogoh , sebagai simbol buta kala atau nafsu jahat .
Upacara ini , dilakukan untuk menetralisir  diri manusia , agar bersih saat menjalankan tapa brata nyepi ,  di mana dalam tapa brata nyepi , selama 24 jam , umat hindu akan berdiam diri , dan hanya mengingat tuhan yang maha esa , dengan tidak bepergian , tidak bekerja , tidak bersenang-senang , serta tidak menyalakan api , atau cahaya .

Seluruh rangkaian prosesi  hari raya nyepi ini , diharapkan bisa menjadi momentum umat untuk berintropeksi , sehingga di tahun baru saka 1939 mendatang , umat hindu lebih bisa memberikan kontribusi positif , dalam kehidupan bermasyarakat , demi terwujudnya situasi yang kondusif di tulungagung . Dari Tulungagung Nada Wianto .