DhohoTV - Sosial

Belasan Haktare Tanaman Padi Di Serang Wereng Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Jumat, 24 Maret 2017

Keterangan : Sejumlah petani di trenggalek , jawa timur , gagal panen , akibat belasan hektar tanaman padi di serang hama wereng yang terjadi disejumlah kecamatan . Bahkan beberapa diantaranya terpaksa membabat t

Bagikan

Salah seorang petani di desa wonoanti , kecamatan gandusari , kabupaten trenggalek , jawa timur ini , terpaksa membabati tanaman padinya yang rusak , akibat serangan hama wereng . Tanaman yang kini telah berusia dua setengah bulan tersebut , di babat akan digunakan untuk pakan sapi .

Hal tersebut dilakukan , karena seluruh tanaman padi miliknya tidak ada yang dapat diselamatkan . Serangan hama wereng ini , terjadi sangat cepat , dalam waktu kurang dari satu minggu , tanaman padi yang tadinya tumbuh subur langsung menguning , dan mati . Kondisi serupa hampir terjadi di seluruh area persawahan yang ada di kecamatan gandusari dan sekitarnya.

Sebelumnya , para petani telah berupaya melakukan pemambasmian hama dengan menyemprotkan insektisida hingga tujuh kali , termasuk bantuan insektisida dari dinas pertanian setempat , namun upaya tersebut tetap sia-sia .
Kondisi serupa juga dialami para petani lain , hasil panen yang biasanya mencapai mencapai 5 ton per hektare , kini anjlok menjadi 1 ton per hektare . Bahkan sejumlah petani gagal panen dan tidak mendapatkan hasil sama sekali , merekapun mengaku merugi atas kondisi tersebut , karena biaya tanam dan obat-obatan pertanian , saat ini cukup tinggi .

Untuk petani di wilayah kecamatan gandusari saja , jumlah tanaman padi yang tersersng wereng mencapai belasan hektare . Serangan hama wereng juga terjadi di kecamatan lain , seperti kecamatan pogalan , durenan dan kecamatan karangan . Dari Trenggalek Nada Wianto.