DhohoTV - Sosial

Ratusan Penyandang Disabilitas Ikuti Pelatihan Tanggap Bencana Kediri

Oleh : redaksi Selasa, 21 Maret 2017

Keterangan : Untuk mengurangi resiko bencana , ratusan penyandang disabilitas di kota kediri - jawa timur ikuti pelatihan tanggap bencana yang digelar b-p-b-d setempat . Selain diajari menyelamatkan diri saat terj

Bagikan

Keterbatasan fisik tidak membuat para penyandang disabilitas di kota kediri ketergantungan terhadap orang lain , tetapi mereka justru ingin bermanfaat bagi sesama . Para penyandang cacat ini mengikuti bimbingan teknis yang digelar badan penanggulangan bencana daerah , b-p-b-d , setempat agar bisa menjadi relawan tanggap bencana .

Dalam bimtek , kaum disabilitas diajari teknik penyelamatan diri sendiri saat terjadi bencana , seperti masuk ke kolong meja saat berlangsung gempa bumi dan berlari ke tempat aman saat terjadi banjir . Mereka juga dilatih untuk menyelamatkan orang lain , baik sesama penyandang disabilitas atau masyarakat normal .

Munawaroh , salah satu penyandang disabilitas mengaku , bimtek tanggap darurat bencana ini sangat bermanfaat , tetapi masih kurang mendapat dukungan fasilitas khusus bagi mereka . Seperti rute tertentu bagi penyandang cacat kaki yang memakai kursi roda dan rambu-rambu di jalan raya khusus bagi penyandang cacat tuna netra .

Kepala bpbd kota kediri samsul bahri mengaku , selama ini relawan tanggap bencana mengalami kesulitan dalam mengevakuasi para penyandang disabilitas karena tak memiliki tehnik komunikasi dan perlakuan khusus bagi mereka . Melalui bimtek , diharapkan adanya sinergi antara relawan dan kaum penyandang cacat untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan dari bencana .

Sedikitnya ada 100 orang penyandang disabilitas yang ikuti bimtek kali ini , mulai dari penyandang cacat kaki , tuna netra , tuna wicara , lumpuh , ideot  dan juga tuna grahita. Berdasarkan data bpbd setempat , masih banyak kaum disabilitas lainnya yang belum terjangkau karena kurang aktif untuk melaporkan diri . Dari Kediri Habibul Muntaha .