DhohoTV - Sosial

Ratusan Pelajar Ikuti Apel Besar Pelanggar Lalu Lintas Trenggalek Jatim

Oleh : redaksi Senin, 20 Maret 2017

Keterangan : Berbagai cara dilakukan pihak kepolisian untuk meberikan penyadaran tentang pentingnya mematuhi aturan lali lintas . Di trenggalek , jawa timur , ratusan pelajar pelanggar lalu lintas , mengikuti apel

Bagikan

Cara unik ini , dilakukan kepolisian resort trenggalek , jawa timur , untuk memberikan penyadaran bagi para pelajar yang pernah terjaring operasi lalu lintas , agar mengerti dan memahami pentingnya mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas .

Kapolres trenggalek , a-k-b-p donny adityawarman , mengatakan pelajar yang belum cukup umur memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi terhadap pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas . Karena dari sisi psikologis , anak-anak yang berada di bawah usia 17 masih relatif labil .

Kondisi tersebut , terbukti dari  kejadian kecelakaan lalu lintas yang terjadi di trenggalek , selama tahun 2016 , jumlah korban yang meninggal dunia mencapai 68 orang , dari jumlah tersebut , 30 diantara merupakan pelajar . Tingginya korban dari kalangan pelajar tersebut , rata-rata diakibatkan oleh kecerobohan dan ketidakdisplinan .

Langkah di ambil kepolisian ini , mendapat apresiasi dari pemerintah daerah setempat , untuk itu pemerintah akan menyediakan sarana angkutan untuk pelajar , namun dengan jumlah masih terbatas .

Dalam rangkaian apel besar tersebut , polres trenggalek , juga mempraktekan langsung tata cara berkendara yang aman , sebelum ataupun saat berada di jalan raya . Selain itu polisi mendatangkan langsung , tiga orang korban kecelakaan lalu lintas , untuk memberikan kesaksian dan testimoni tentang bahaya melanggar lalu lintas .

Rencananya , polres dan pemkab trenggalek , akan terus memberikan pembinaan terhadap para pelanggar lalu lintas , khususnya pelajar . Sehingga bisa menekan angka kecelakaan ,  selain itu pemerintah daerah juga mulai menyediakan angkutan sekolah gratis . Dari Trenggalek Nada Wianto .