DhohoTV - Politik

kpu tulungagung , gelar uji publik usulan penyusulan dapil dan alokasi kursi pemilu 2019

Oleh : redaksi Senin, 12 Februari 2018

Keterangan : uji publik usulan penyusunan dapil dan alokasi kursi pemilu tahun 2016 di tingkat kabupaten tulungagung

Bagikan

judul  : kpu tulungagung , gelar uji publik usulan penyusulan dapil dan alokasi kursi pemilu 2019

 

tempat, tgl. berita : jatim, tulungagung , 10 februari 2018

rep , kam                       : dwi wianto

gambar                          : di kirim via ftp 180210 jatim tulungagung dwi wianto usulan dapil pemilu 1-3

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

( lead in )

 

meski pemilihan umum , pemilu , masih akan di gelar tahun 2019 , namun komisi pemilihan umum, k-p-u ,tulungagung , jawa timur , telah melakukan sejumlah tahapan , dan jum'at , menggelar uji publik usulan penyusunan daerah pemilihan , dapil, dan alokasi kursi di tingkat kabupaten tulungagung . uji publik , yang mensimulasikan 3 skema penyusunan dapi dan kursi ,mendapat beragam usulan dari para pengurus parpol dan kelompok masyarakat .

 

( pkg )

 

uji publik usulan penyusunan dapil dan alokasi kursi pemilu tahun 2016 di tingkat kabupaten tulungagung ,jawa timur . yang di gelar k-p-u tulungagung , jum'at malam, menyampaikan 2 pilihan alternatif lain , atau skema , selain penataan dapil dan alokasi kursi , yang telah dilakukan pada pemilu 2004 , dan 2014 , yang terbagi dalam 5 dapil , dihadapan panwaslu setempat , para pengurus parpol , dan kelompok masyarakat politik .

 

dengan jumlah 19 kecamatan , k-p-u tulungagung , telah merancang 2 skema , yakni dari 5 dapil , di ubah menjadi 6 dapil , dan skema 3 , dari 5 dapil menjadi 7 dapil .namun demikian perubahan jumlah dapil tersebut , tetap mengacu p-k-p-u nomor 16 tahun 2017 , tentang prinsip-prinsip penataan dapil anggota d-p-r-d kabupaten dan kota , diantaranya kesetaraan nilai suara , ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional , dan integralitas wilayah .

 

meski diusulkan 3 skema , namun jumlah alokasi kursi anggota d-p-r-d tulungagung , tidak mengalami perubahan dan sama seperti pemilu 2014 lalu , yakni 50 kursi . karena wilayah kabupaten atau kota dengan jumlah penduduk lebih dari 1 juta hingga 3 juta orang , memperoleh alokasi 50 kursi . sedangkan saat ini ,tulungagung , jumlah penduduknya 1.980.557 orang .

 

setelah dilakukan serangkaian diskusi , hanya skema 1 dengan 5 dapil , dan skema 2 dengan 6 dapil , yang paling mendekati pemenuhan 7 prinsip pedemonan penyusunan dapil , namun dari hasil kesepakatan tersebut , tetap akan dikirimkan ke k-p-u pusat .

 

sot : fatah masrun , komisioner kpu tulungagung ....................... (kacamata)

 

sementara itu , menurut sekretaris d-p-d partai golkar tulungagung , bahwa partainya tetap memilih skema 1 dengan 5 dapil yang ideal  , karena erat kaitanya dengan momen pilkada , di mana seluruh kadernya telah bergerak ke masing-masing dapil , dalam rangka memenangkan calon bupati yang didukungnya ,

 

sot : bambang irianto , sekretaris dpd partai golkar tulungagung ............. 

 

dari tulungagung , jawa timur ,dwi wianto ,metro tv .