DhohoTV - Dhoho Hari Ini

Peduli Penyandang Disabilitas, Pemkot Kediri Permudah Layanan Adminduk

Oleh : Habibul Muntaha Minggu, 22 Agustus 2021

Keterangan : Salah satu warga penyandang disabilitas Mendapatkan Hasil Layanan Adminduk dari Pemkot Kediri

Bagikan

Dhohotv.com, KEDIRI - Pemerintah Kota Kediri terus melakukan upaya penanganan permasalahan warga penyandang disablitas. Salah satu bentuk kepedulian nya yaitu mempermudah layanan pengurusan Dokumen adminduk seperti KTP dan KK bagi penyandang disabilitas yang berdomisili lebih dari 6-10 tahun.

Murdiantoro 40 tahun adalah salah satu. Contoh warga disabilitas di kota Kediri yang belum memiliki KTP dan KK kota Kediri karena status kependudukan dari wilayah tempat tinggal sebelumnya sudah dicabut dan belum mengurus kepindahan adminduk di kota Kediri.

Sebagaimana penjelasan Imam Muhni TRC Perlindungan Sosial Kelurahan Ngampel, "Karena belum memiliki adminduk kota Kediri yang bersangkutan tidak masuk dalam DTKS dan belum bisa diajukan untuk menerima bantuan bantuan sosial dari pemerintah kota Kediri", ujarnya.

Setelah diyakinkan bahwa yang bersangkutan benar benar ingin menetap di kota Kediri alias tidak berpindah pindah domisili lagi, TRC bersama LPMK kkelurahan Ngampel berinisitaif untuk membantu pengurusan dokumen adminduk ke Disepndukcapil Kota Kediri. 

Alhamdulillah, atas kebijakan yang pro disabilitas di dispendukcapil kota Kediri mas mudi telah diterbitkan KTP dan KK kota Kediri, papar Heri Nurdianto Ketua LPMK Ngampel. 

Selanjutnya TRC dan LPMK Ngampel akan melakukan advokasi ke Dinas Sosial Kota Kediri agar warga disabilitas tersbut bisa masuk dalam DTKS sehingga mendapatkan kemudahan kemudahan mengakses bansos bansos dari pemerintah termasuk KIS nya yang sangat dibutuhakan untuk akses layanan kesehatan. 

Semakin banyak warga dan masyarakat yang peduli terhadap penyandang disabilitas dan didukung kebijakan bapak walikota yang pro terhadap difabel maka Kota Kediri menjadi tempat tinggal yang aman, nyaman dan ramah disabilitas menuju kota inklusi, pungkas Heri.(Bud/bib)