DhohoTV - Dhoho Hari Ini

Jelang Lebaran, BI Kediri Siapkan Uang Rp2,76T Dan Perluas Penukaran UPK 75

Oleh : Habibul Muntaha Rabu, 21 April 2021

Keterangan : Sofwan Kurnia, KPw BI Kediri (Foto: Habibul Muntaha

Bagikan

Dhohotv.com, Kediri - Perekonomian Kota Kediri pada bulan April 2021 menunjukkan arah perbaikan pasca berakhirnya PPKM sehingga memicu perbaikan sisi konsumsi yang ditunjukkan dengan penguatan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) ke level optimis (113,33), menguat dibandingkan rata-rata triwulan I-2021 yang tercatat sebesar 99,95. Selaras dengan hal tersebut, dari sisi aliran kas, KPw BI Kediri mencatatkan kecenderungan peningkatan aliran kas keluar (outflow) secara gradual meskipun secara net triwulanan tercatat net inflow.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H, KPw BI Kediri memperkirakan peningkatan outflow yang lebih dalam karena adanya peningkatan kebutuhan uang tunai sebagai dampak dari peningkatan transaksi masyarakat. 

"KPw BI Kediri telah mempersiapkan Uang Layak Edar (ULE) sebanyak Rp2,76T, angka tersebut meningkat 15% dibandingkan tahun lalu," Ucap Sofwan Kurnia, Kepala KPw BI Kediri Kepada Awak Media, Rabu (21/04/2021) Sore.

Dana tersebut dipersiapkan baik untuk penarikan perbankan maupun kegiatan kas keliling wholesale kepada perbankan. Adapun penukaran ULE dilayani melalui perbankan di 83 kantor cabang yang tersebar di seluruh wilayah kerja. Penukaran ULE dapat juga dilakukan secara kolektif dengan mekanisme penarikan melalui tabungan yang didahului dengan konfirmasi melalui form http://bit.ly/permohonanuang2021.

Masih kata Sofwan, KPw BI Kediri juga melakukan percepatan dan perluasan penukaran UPK 75. Masyarakat dapat melakukan pemesanan penukaran UPK 75 menggunakan 1 KTP untuk mendapatkan penukaran 100 (seratus) lembar dan dapat kembali melakukan penukaran pada hari yang berbeda. 

"Adapun input data pemesanan penukaran dilakukan langsung oleh masyarakat pada PINTAR yang dapat diakses melalui https://pintar.bi.go.id/. Sementara itu, penukaran Uang Tidak Layak Edar (UTLE) oleh masyarakat dilayani setiap hari Kamis sebagaimana jadwal operasional KPw BI Kediri," Tambahnya.

KPw BI Kediri menghimbau agar masyarakat senantiasa melakukan penukaran ULE di loket perbankan agar terhindar dari risiko uang palsu. KPw BI Kediri juga menjamin tidak ada fee untuk penukaran ULE yang dilakukan melalui loket resmi perbankan.(bib/yni)