DhohoTV - Dhoho Hari Ini

Beri Pemahaman pembayaran Non Tunai, BI Kediri Gelar Pekan QRIS 7 Hari

Oleh : Habibul Muntaha Senin, 09 Maret 2020

Keterangan : Sofwan Kurnia, Kepala KPW BI Kediri ( Kanan), Nasrullah Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPW BI Kediri (Kiri)

Bagikan

Dhohotv.com, Kediri - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPW BI) Kediri akan menggelar pekan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang luas terhadap sistem pembayaran non tunai ke Masyarakat. Kegiatan itu akan dilaksanakan tanggal 9-15 Maret 2020 mendatang.

Tidak hanya di kediri, Event yang sama juga diadakan serentak oleh 46 Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Dengan tagline “Ayo Gae QRIS Ndaa..!”, kegiatan PQN diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengguna QRIS baik dari sisi merchant maupun dari customer. 

"Upaya yang Kita lakukan ini untuk mendorong masyarakat secara luas juga pemerintahan untuk bisa menggunakan QRIS sebagai salah satu metode pembayaran karena QRIS sangat mudah Serta gampang digunakan untuk bertransaksi", Ujar Sofean Kurnia, Kepala KPW BI Kediri, dikantornya senin (09/03/2020) siang.

Lebih lanjut Menurut Sofwan, Mengawali rangkaian kegiatan PQN, Bank Indonesia Kediri menyelenggarakan lomba foto dan video dan testimoni penggunaan QRIS beserta manfaatnya. Selanjutnya, pada tanggal 10 Maret 2020 akan diselenggarakan kegiatan Millenial Community di kampus Universitas Nusantara PGRI Kediri, Generasi millenial diharapkan semakin memahami pembayaran digital utamanya dengan menggunakan kode QR pembayaran yang terstandardisasi sekaligus mampu menjadi endorser dalam menyuarakan QRIS kepada masyarakat luas. 

Di lokasi yang sama, Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi KPW BI Kediri, Nasrullah menambakan, Kegiatan pekan Qris tersebut akan dilanjutkan dengan Launching QRIS untuk Retribusi Pasar dan Pedagang di Pasar Pahing tanggal 11 Maret 2020 yang akan dihadiri langsung oleh Walikota Kediri, Bapak Abdullah Abu Bakar. Kemudian pada tanggal 12 Maret 2020 bertempat di Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri akan diselenggarakan Sosialisasi QRIS untuk agen Layanan Keuangan Digital (LKD) dan Laku Pandai. 

Sebagai puncak acara, kegiatan PQN ditutup dengan pesta rakyat yang diselenggarakan di GOR Joyoboyo Kediri pada Minggu, 15 Maret 2020, dengan menghadirkan artis Happy Asmara dan sederet artis lokal lainnya.

"Puncak acara akan digelar di kawasan GOR Joyobo Dengan berbagai kegaiatan seperti Senam QRIS, pembagian Doorprize dan Hiburan Musik", Kata Nasrullah.

Masih kata Nasrullah, Kegiatan tersebut rencananya akan dibuka juga oleh walikota dan dihadiri oleh elemen perbankan serta masyarakat umum.

"Rencananya akan dibuka langsung Oleh Wali Kota kediri Serta Wali Kota madiun juga akan hadir", Tambahnya.

Untuk diketahui, QRIS merupakan salah satu implementasi Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025. Dengan mengusung semangat UNGGUL (Universal, Gampang, Untung dan Langsung), penggunaan QRIS bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi untuk Indonesia. 

QRIS UNGGUL mengandung makna yaitu pertama Universal, penggunaan QRIS bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran domestik dan dan luar negeri. Kedua Gampang, masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel. Ketiga, Untung, transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan penjual karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel. Keempat, Langsung, transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran Sistem Pembayaran. 

Ke depan, Bank Indonesia secara konsisten akan mengimplementasikan digitalisasi pembayaran baik melalui QRIS maupun instrumen elektronifikasi pembayaran lainnya. Inovasi sistem pembayaran akan terus dilakukan menimbang banyaknya manfaat yang didapat dari digitalisasi pembayaran. Pada jaman yang semuanya dituntut untuk serba cepat, pembayaran non tunai dengan QRIS telah menjadi alternatif pembayaran kekinian yang aman, cepat, nyaman dan efisien bagi konsumen/pengguna, Sebab dengan QRIS, satu QR Code untuk semua pembayaran.(bib/yni))