DhohoTV - Dhoho Hari Ini

Dua Siswa RA keracunan Minuman jajanan di Sekolah

Oleh : Habibul Muntaha Rabu, 23 Oktober 2019

Keterangan : Salah Saru Siswa Mendapat Perawatan Medis di Puskesmas

Bagikan

Dhohotv.com, Tulungagung - Dua siswa Raddlotul Atfal (RA) Wathoniyah, Desa Jabon , Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Mendapatkan pemeriksaan intensif di puskesmas tunggangri, mereka dilarikan ke puskesmas setelah mengeluhkan mual serta muntah muntah usai mengkonsumsi minuman yang di jual oleh pedagang keliling di sekolah tersebut.

Kejadian tersebut, berawal saat jam istirahat, siswa membeli jajanan kepada pedagang keliling yang biasa mangkal di sekolah tersebut. Saat jam pelajaran berlangsung, 8 siswa mengeluhkan mual serta alami muntah-muntah.

"Mereka sempat mendapatkan perawatan di sekolah dan berangsur membaik, namun untuk dua siswa yakni noval dan aqila, terpaksa harus kami bawa ke puskesmas untuk menjalani observasi dan perawatan," kata muhimatun nikmah, guru kelas RA Wathoniyah kepada media ini, rabu (23/10/2019).

Dari hasil pemeriksaan tim medis, mereka terbukti mengalami keracunan, akibat minuman yang dikonsumsinya. minuman tersebut, tampak tidak dilengkapi dengan merek ataupun kandungan komposisi. 

"Kemungkinan para siswa tertarik membeli minuman karena tempat minuman yang unik dan berwarna warni, kami belum dapat mengetahui pasti kandungan yang terdapat dalam minuman tersebut yang mengakibatkan siswa keracunan," Terang Gendut Sutanto, dokter Puskesmas Tunggangri.

Karena terbatasnya peralatan medis di puskesmas Tunggangri, kedua siswa yang mengalami keracunan, akhirnya di rujuk ke Puskesmas Kalidawir untuk mendapatkan perawatan intensif. 

Saat ini, pihak puskesmas telah memberikan sejumlah sampel berupa minuman yang dibeli siswa untuk dilakukan uji Laboratorium. polisi juga mengambil sampel dari muntahan siswa guna diteliti lebih lanjut.(dwi/bib)