DhohoTV - Dhoho Hari Ini

Tim BPCB Trowulan Temukan Pagar Candi Gedog Blitar

Oleh : Habibul Muntaha Jumat, 11 Oktober 2019

Keterangan : Temuan Pagar Candi Gedog Blitar

Bagikan

Dhohotv.com, Kediri - Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto, menemukan tiga sudut pagar pembatas candi, di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, Jawa Timur. ketiga Sudut tersebut yakni Barat, Timur dan Selatan, Saat ini Tim dibantu warga masih menggali sudut lain yaitu Utara.

Ketua Tim penggalian dari Trowulan, Mojokerto, Nugroho Harjo Lukitu mengatakan, dari hasil titik-titik
koordinat, dari hasil eskavasi hari terakhir ini, luas pagar yang ditemukan 30 m x 30 m, selanjutnya ia akan melaporkan hasil eskavasi ke pemda blitar. 

"Temuan yang sudah kita dapatkan ini tiga sudut pagar candi, dan hari ini kita melanjutkan ke sudut lainya, yaitu  sudut timur laut, semoga bisa kita temukan," Ucap Nugroho Harjo Lukito, Jumat (11/10/2019).

Candi Gedog ini dipastikan berasal dari dari era kerajaan majapahit pada abad ke - 14, Namun untuk lokasi teparnya candi hingha hari ini belum di ketahuu secara pasti.

Sebelumnya, Eskavasi Candi Gedog yang mulanya hanya ditemukan patung kepala palla ini di mulai 07 Oktober, sedangkan Eskavasi hari ini adalah hari terahir.(aji/bib)