DhohoTV - Dhoho Hari Ini

Begini Kronologi Penangkapan Pencuri Burung Di Mojo Yang Sempat Dihakimi Warga

Oleh : Habibul Muntaha Senin, 29 Juli 2019

Keterangan : Pelaku Pencuri Burung ditunjukan di depan Awak Media dalam Reales kasus di Polsek Mojo

Bagikan

Dhohotv.com, Kediri - M. Irfan Alwi (31) pelaku pencurian burung di Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri diserahkan ke Polsek Mojo setelah menjadi bulan-bulanan warga yang berhasil mengamankannya di wilayah Kecamatan Ngadiluwih.

Kapolsek Mojo AKP Wahana menjelaskan, kronologi penangkapan pelaku berawal dari teriakan seorang warga bernama Edwin (35) yang mengetahui aksi pelaku mengambil burung murai batu di rumah Idris Saifudin (40) sabtu warga Desa Mojo hari sabtu lalu (27/07/2019) Pukul 09.00 WIB.

"Begitu mendengar ada teriakan maling, pelaku langsung kabur menggunakan motornya, saksi dan korban langsung melakukan pengejaran bersama warga lain, pelaku yang panik kemudian meninggalkan burung curianya dipinggir jalan", Jelas AKP Wahana saat realese kasus di Mapolsek Mojo senin (29/07).

Lebih lanjut menurut wahana, pelarian pelaku berhasil dihetikan warga lain yang melakukan penghadangan ditengah jalan.

"Berdasarkan hasil lidik, dari tangan pelaku yang diketahui beralamat di Desa Pekarongan Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, kami mengamankan 16 burung dari berbagai jenis yang disimpan pelaku dirumah kosnya di Kelurahan Kaliombo Kota Kediri," Imbuh Wahana.

Senada dengan Kapolsek, Kanit Reskrim Polsek Mojo Ipda Sigit Rahmanto menambahkan, untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya, pelaku di jerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

"Pelaku ini adalah residivis kasus yang sama, saat ini pelaku dan barang bukti sepeda motor dan burung berbagai jenis diantaranya perkutut, murai batu, love bird, Emprit Hijau kita amankan di Kantor," Tandas Sigit.(bib/yni)