DhohoTV - Dhoho Hari Ini

Membahayakan Warga, BPBD Kota Kediri Evakuasi Sarang Lebah Vispa Affinis

Oleh : Habibul Muntaha Rabu, 24 Juli 2019

Keterangan : Petugas BPBD Kota Kediri mengevakusi Sarang Lebah Vispa Affinis dirumah warga

Bagikan

Dhohotv.com, Kediri - Petugas Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri, Rabu Malam (24/7/2019) melakukan evakuasi sarang lebah jenis Vispa Affinis di rumah Sudirman (60) warga keluarga Burengan RT 04 RW 10 Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Evakuasi ini dilakukan karena keberadaan lebah sangat membahayakan masyarakat sekitar.

Pantauan dilokasi, Proses evakuasi ini dilakukan menggunakan Kostum Anti Sengatan lebah dengan cara dipanjat menggunakan tangga kemudian dimasukkan kedalam karung. usai terbungkus, selanjutnya sarang lebah yang masih terdapat penghuninya itu di rendam kedalam air yang sudah tercampur dengan detergen pencuci baju agar lebah mati.

Adi Sutrisno Kasi kedaruratan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kota Kediri Mengatakan, Evakuasi sarang lebah ini dilakukan penindak lanjuti keluhan masyarakat yang takut akan keberadaan lebah disamping rumahnya, sebab, lebah jenis Vispa Affinis ini jika menyengat anggota tubuh manusia bisa berakibat fatal.

"Lebah Jenis Vispa Affinis ini jika menyengat tubuh manusia bisa mengakibatkan nyeri, demam dan muntah-muntah. Kita mengevakusi menggunakan kostum Anti Sengatan lebah Pemberian dari Dokter Tri Maharani Spesialis Bisa Reptil dan lebah yang berdinas di salah satu Rumah Sakit Di Kota kediri," Ujar Adi Sutrisno dilokasi Rabu (24/7).

Sementara menurut Sudirman Pemilik rumah, keberadaan sarang lebah tersebut di ketahui sejak setu bulan yang lalu, Setiap hari perkembangannya cukup cepat. Ia kawatir Sarang yang dihuni Ratusan hewan Berbisa itu mengenai warga sehingga dirinya melapor ke petugas.

"Disini setiap hari ada anak-anak bermain, selain itu dibawah sarang lebah juga sering digunakan lalu lalang warga, meski belum ada warga yang tersengat tetapi saya Khawatir nanti ada yang kena serangan lebah," Ucapnya.

Lebah yang berhasil di evakuasi dan dimusnahkan direndaman air detergen tersebut, selanjutnya oleh pemilik akan dibuang, diharapakan pasca dimusnahkanya sarang lebah tersebut, warga sekitar bisa beraktifitas dengan nyaman tanpa dihantui rasa takut.

BPBD kota kediri menghimbau kepada Masyarakat yang mempunyai Keluhan yang sama, Supaya Melapor ke Pusdal Ops BPBD Kota Kediri yang berada di Jl. Pol Imam Bachri Kecamatan Pesantren untuk nantinya ditindak lanjuti dan dilakukan Evakusi pada malam hari, Sebab, dimalam hari lebah tidak Agresif.(bib/yni)