DhohoTV - Dhoho Hari Ini

Pedagang Bendera Mulai Marak, Jelang Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-74

Oleh : Habibul Muntaha Selasa, 23 Juli 2019

Keterangan : Puji Darwin, Penjual Bendera Musiman di Simpang 4 Paron, Kabupaten Kediri

Bagikan

Dhohotv.com, Kediri - Tiga pekan menjelang peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 pada 17 Agustus mendatang, penjual bendera musiman mulai marak di jalanan Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Mereka melapak dengan memanfaatkan ruang kosong di tepi jalan raya untuk menjajakan daganganya.

Berdasarkan pantauan dilapangan, ada berbagai jenis bendera yang dijajakan. Seperti di Simpang empat Desa Paron Kecamatan Ngasem Kabupaten kediri, pedagang menjual bendera dari berbagai jenis dan ukuran, diantaranya bendera jenis Background, Bandir, Umbul-Umbul dan bendera Merah Putih.

Darwin Puji, pedagang bendera asal Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren Kota Kediri mengatakan, ia dibantu seorang karyawanya memilih melapak lebih awal karena masyarakat biasanya banyak yang membeli di awal bulan Agustus. Bendera-bendera tersebut ia datangkan langsung dari Bandung Jawa Barat.

"Ini kan berhubung habis kena musibah Hp saya hilang, sengaja buka lebih awal. Supaya pelanggan yang biasanya memesan Melalui SMS bisa langsung datang kesini," Ujar Puji (23/7/2019).

Meski baru sehari membuka lapak, sudah banyak masyarakat yang berhenti membeli dilapak laki-laki kelahiran jawa barat tersebut.

Salah satu pembelinya adalah dwi andriani, saat ditanya wartawan, dwi mengatakan, ia sengaja membeli lebih awal takut kehabisan, perempuan yang datang mengendarai motor tersebut mengaku membeli bendera jenis baground untuk hiasan.

"Ini kan mendekati bulan Agustus mas, jadi untuk hiasan dirumah menyambut hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus Nanti, saya membeli lebih awal takut kehabisan," Terangnya.

Dilapak milik Puji ini, untuk bendera jenis Background ukuranya 5-10 meter Bandir 3-5 meter, Umbul-Umbul 40-75 cm dan Bendera Merah Putih 90-180 cm. Harga setiap jenisnya bervariasi mulai dari Rp. 15.000 - Rp. 275. 000.(bib/yni)