DhohoTV - Dhoho Hari Ini

Tidak perlu ke Jepang, di Blitar Juga ada Istana Sakura Instagramable

Oleh : Habibul Muntaha Kamis, 04 Juli 2019

Keterangan : Pengunjung memadati Istana Sakura di Desa Sidodadi Kecamatan Garum Kabupaten Blitar

Bagikan

Dhohotv.com, Blitar - Ingin mengisi liburan dengan berwisata ke negeri sakura, sekarang tidak perlu jauh-jauh ke Jepang. Karena di Dusun Kemloko Desa Sidodadi Kecamatan Garum Kabupaten Blitar ada istana sakura yang murah, meriah dan instragamable.

Begitu anda masuk ke Istana Jepang, pintu masuk bergaya ala negeri samurai telah menyambut. Berjajar di kanan kiri lorong, bunga Sakura berbagai warna. Diatas lorong itu, bergelantung lampion-lampion merah yang menambah ceria suasana. 

Di bagian timur, ada juga spot Minka atau rumah tradisional Jepang. Dibagian atap Minka, terpasang foam yang dibentuk mirip salju meleleh. 


Seperti Asyifa dan Regina, kedua pelajar asal Kota Blitar ini mengaku tertarik ke Istana Sakura, karena penasaran dengan istana sakura yang baru dilaunching awal Juni kemarin. 

"Ternyata setelah melihat langsung kesini memang indah dan layaknya di Jepang.  Karena banyak bunga Sakura dan wahana yang mirip kayak di negeri sakura. Kita juga Sengaja sewa kimono biar makin seperti beneran di Jepangnya," ungkap  Asyifa,Kamis
 (4/7/2019).

Pemilik Istana Sakura, Harmadi mengatakan, konsep lokasi wisatanya ini terinspirasi karena ia gagal pergi ke Jepang. Padahal ia sudah mengurus visa dan pasport,namun karena ada suatu hal hingga ia dan keluarganya di cancel di bandara. 

"Saat pulang dari surabaya, di sepanjang jalur utama kota Pahlawan itu, ia sangat menikmati bunga Tabebuya yang bermekaran. Itulah yang menginspirasi saya, dan kemudian saya ingin menikmatinya disini juga," Terang Harmadi. 

Harmadi lalu berusaha mencari dan akhirnya mendapat Tabebuya dari Kediri. Sementara menunggu bunga itu tumbuh berkembang, Harjito memasang ratusan replika Bunga Sakura. Replika itu terbuat dari plastik dan kain. Jadi anda gak usah khawatir, replika sakura ini selalu bermekaran setiap saat anda datang. 

"Untuk sementara replika dulu yang kita pasang. Karena kalau Sakura beneran, gak tumbuh bagus disini. Biar bisa seperti di Jepang beneran, kami juga sewakan pakaian Kimono untuk laki dan perempuan, anak-anak juga ada," imbuhnya. 

Untuk masuk ke istana sakura, pengunjung hanya harus membayar 10 ribu rupiah. Selain itu pengunjung juga bisa  sewa baju kimono. Untuk wanita kimono plus payung disewakan senilai Rp 20 ribu. Sementara untuk kimono laki-laki, hanya Rp 15 ribu.(aji/bib)