DhohoTV - Dhoho Hari Ini

KPU Tulungagung Buka Kotak Suara Pemilu 2019, Tidak dihadiri Saksi Paslon 02

Oleh : Habibul Muntaha Sabtu, 08 Juni 2019

Keterangan :

Bagikan

Dhohotv.com, Tulungagung - Menindaklanjuti Instruksi Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), KPU Tulungagung, Jawa Timur. Melakukan pembukaan kotak suara pemilu serentak 2019. Pembukaan kotak suara ini untuk mengambil Dokumen keperluan menghadapi sidang gugatan hasil Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).  proses pembukaan kotak suara tersebut tanpa dihadiri Saksi dari Tim Pemenangan Paslon nomor urut 02.

"Dokumen yang kita ambil dari dalam kotak suara antara lain, model DA, beserta lampirannya, DA1, DAA, serta DA tanda terima, dan daftar hadir. meski di Tulungagung, tidak terdampak sengketa hasil pelaksanaan Pilpres 17 April Lalu, namun Dokumen-Dokumen ini di rasa tetap diperlukan, untuk digunakan sebagai Bukti-Bukti pendukung dipersidangan" Ucap Mustofa, Ketua KPU Tulungagung, Sabtu (08/06/2019).

Dalam pembukaan Kotak Suara tersebut, saksi dari tim Paslon nomor urut 02 tidak hadir, untuk menyaksikan proses pengambilan Dokumen dari dalam kotak suara.

Pihak Bawaslu Tulungagung, memastikan, hal tersebut, tidak berpengaruh terhadap Legalitas, sebab proses pembukaan Kotak Suara ini, di nilai telah sesuai dengan Mekanisme, dan Prosedur yang berlaku.

"Sudah sesuai dengan Prosedur yang ada" jelas Endro Sunarko, Komisioner Bawaslu Tulungagung kepada Dhohotv.com di lokasi.

Seluruh Dokumen-Dokumen yang telah disiapkan ini, selanjutnya akan di Copy, dan divalidasi, untuk kemudian dikirimkan ke KPU RI, melalui KPU Jawa Timur.(dwi/bib)