DhohoTV - Dhoho Hari Ini

Volume Kendaraan Meningkat, Satlantas Polres Tulungagung Gunakan Sistem Contra Flow

Oleh : Habibul Muntaha Jumat, 07 Juni 2019

Keterangan : Satlantas Polres Tulungagung melakukan rekayasa Arus Lalu Lintas di Simpang 3 Ngantru dengan Sistem Contra Flow dari arah Tulungagung Menuju arah Kediri.

Bagikan

Dhohotv.com, Tulungagung - Arus Lalu Lintas di simpang 3 Ngantru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, mulai mengalami peningkatan Signifikan pada Jum'at sore (07/06/2019). Peningkatan Volume Kendaraan di Dominasi dari arah Selatan menuju Utara atau dari Tulungagung menuju Kediri, sehingga terpaksa dilakukan sistem buka tutup jalur.

Kasatlantas Polres Tulungagung AKP Wisnu Setyawan Kuncoro mengatakan, kepadatan ini sudah kita Prediksi sebelumnya, sebab di H plus 2 Lebaran banyak Masyarakat yang datang untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada di Tulungagung.

"Sesuai Prediksi kami di H plus 2 hingga 5 lebaran, Pusat kemacetan di Wilayah Tulungagung terjadi di jembatan Ngantru, hal ini disebabkan karena pada saat pagi hari kendaraan banyak yang masuk ke Tulungagung dan arus baliknya terjadi menjelang waktu Magrib", ucap Wisnu dilokasi Jumat petang, (07/06).

Lebih lanjut Wisnu menjelaskan, untuk mengurai kemacetan pihaknya terpaksa memberlakukan sistem buka tutup.

"Arus kendaraan dari arah utara atau dari Kediri, dan arah timur atau Blitar yang hendak menuju ke Tulungagung, diberhentikan sekitar 15 menit. Sementara arus dari arah utara juga dialihkan ke timur melewati jembatan Ngujang 2, dan kendaran dari arah timur yang hendak menuju utara atau Kediri dilewatkan jalur Alternatif", tambahnya.

Dari pantauan Dhohotv.com dilokasi, Untuk mempercepat menguras kendaaran dari arah selatan pihak kepolisian juga melakukan rekayasa lalu lintas menggunakan sistem Contra Flow.

"Pada petang hari kita melakukan Sitem Contra Flow untuk menguras kendaraan dari arah selatan dengan durasi sekitar 10 menit" ungkap wahyu.

setelah kepadatan arus dari kota Tulungagung terkuras, jalur di simpang 3 ngantru diberlakukan normal kembali. berkurang dari musim balik lebaran tahun lalu, di mana sistem buka tutup jalur yang dilakukan bisa sampai 3 hingga 4 kali, sedangkan pada jumat petang tadi hanya dilakukan 1 kali Contra Flow.

Wisnu memprediksi puncak kepadatan kendaraan di simpang 3 ngantru akan terjadi pada hari sabtu dan minggu mendatang.

"Kemungkinan puncaknya terjadi pada ahir pekan, karena hari Senin Masyrakat sudah banyak yang mulai masuk kerja di Kantornya masing-masing" pungkasnya.(dwi/bib)