DhohoTV - Dhoho Hari Ini

Mencari Ikan disungai Brantas, Tradisi Unik Pemuda Nganjuk Setiap Momen Lebaran

Oleh : Habibul Muntaha Jumat, 07 Juni 2019

Keterangan : Seorang Pemuda Membawa Ikan Didalam Timba Air Hasil Tangkapan Ikut Tradisi Nglanet di Sungai Brantas

Bagikan

Dhohotv.com, Nganjuk - Ada Tradisi unik yang dimiliki Masyarakat di setiap Momen Hari Raya Idul Fitri tiba, agar bisa berkumpul dengan teman-teman yang sudah lama tidak bertemu karena sibuk menitih Karir di tanah Rantau masing-masing.

Bukan Tradisi menyulut Petasan se usai melaksanakan Sholat Ied atau Takbir keliling dengan membawa Oncor. Melainkan Tradisi mencari Ikan disungai Brantas, yang dilakukan kelompok pemuda di Dusun Beruk, Desa Juwet, Kecamatan Ngrongggot, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Sedikitnya ada 19 pemuda asal Dusun Beruk Jumat pagi (07/06/2019) menggelar Tradisi unik mencari Ikan di sungai Brantas menggunakan Media, daging ayam, tinja manusia dicampur dengan lanet. Selanjutnya tiga bahan tersebut dicampur menjadi satu kemudian dimasukkan kedalam air sungai yang mengalir.

Bersama dengan air sungai yang mengalir, tiga bahan tersebut akan dimakan ikan, selanjutnya ikan akan mabuk sehingga mudah ditangkap dengan tangan maupun jaring.

Menurut Ahmad Faruqi Zamzami salah seorang pemuda yang ikut tradisi nglanet ikan mengatakan, hampir setiap tahun ia dan teman-temanya selalu berkumpul untuk mencari ikan disungai.

"Alhamdulilah ini adalah tradisi kami sejak dahulu mas, setiap tahun di hari lebaran ke 3 terus kami lakukan, agar tidak pudar ditelan zaman" Ucap Faruq saat dihubungi melalui pesan singkat Whatsapp Jumat siang, (07/06/).

Dari hasil Nglanet itu, para pemuda ini mendapat belasan ikan dengan ukuran yang bervariasi.

"Tadi mendapatkan ikan satu timba air, masing-masing ikan jenis Rengkik dan Bader" imbuh Faruq.

Selain untuk mencari hiburan disela-sela sibuk silaturahmi kerumah saudara dan tetangga, kepada Dhohotv.com Faruq menambahkan, kegiatan ini juga untuk mengenang kebiasaan masa lalu.

"Ya sekedar untuk bernostalgia, dulu saat masih kecil sering bermain dan mencari ikan di sungai Brantas" Tambahnya.

Nantinya ikan yang sudah didapat tersebut akan di masak untuk dimakan bersama-sama.

"Nanti malam buat Entre (masakan) mas" Pungkasnya.(bib/yni)