DhohoTV - Dhoho Hari Ini

BPOM Kediri Temukan Krupuk Bercampur Boraks, Dijajanan Takjil Sekartaji & Hayam Wuruk

Oleh : Habibul Muntaha Selasa, 21 Mei 2019

Keterangan : kepala BPOM Loka Kediri bersama Kepala Diaperdagin Kota Kediri, Menunjukan Mamin Mengandung Boraks. Foto : Habibul M

Bagikan

Dhohotv.com, Kediri -Tim Gabungan dari Loka Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kediri bersama Disperdagin dan Dinas Kesehatan Kota Kediri melakukan sidak makanan dan minuman takjil di kawasan bundaran Sekartaji Kota Kediri selasa, (21/05/2019) sore. Hasilnya petugas menemukan makanan mengandung boraks.

Mereka membeli sejumlah makanan, untuk dijadikan sampel, kemudian diuji langsung di Laboratorium yang di dirikan dilokasi tersebut.

"Kita ambil sampel 18 makanan dan minuman, selanjutnya kita uji kandungan Formalin, Boraks, Rodamin B dan Metanil Yellow atau Zat Warna Sintetis" ucap  Kepala Badan BPOM Loka Kediri, Joni Idrus Setiawan,  selasa, (21/05/2019)

Joni menambahkan, sampel yang diambil petugas antara lain Krupuk, Tahu, Usus, Minuman Dawet, Es Campur, Pindang Dan Udang.

"ada dua krupuk yang positif mengandung Boraks, makanan ini berbahaya jika terus dikonsumsi manusia, karena bisa menyebabkan penyakit Kangker", Lanjut joni.

Sementara Yetti Sisworini, Kepala Disperdagin Kota Kediri, yang ikut dalam sidak  langsung merespon temuan tersebut, pihaknya mengembalikan makanan kepada penjual sekaligus memberikan pembinaan.

"Nanti kita kembalikan produknya dan kita himbau agar tidak melanjutkan penjualan, kita kembalikan ini maksudnya kita beri arahan" tutur Yetti.

Selain di Sekartaji, kegiatan serupa juga dilakukan di sepanjang Jalan Hayam Wuruk hari jumat, (10/05/2019) lalu. DIlokasi tersebut petugas mengambil 20 sampel, dari seluruh sampel itu ditemukan Agar-agar dan Aru manis mengandung Rodamin B serta jajanan Lapis mengandung boraks.(bib/yni)